Mobil Baru vs Mobil Seken, Ini Tips Buat Kalian First Jobber!

Like

Pilih Mobil Seken Kalau?

Mobil seken bisa jadi pilihanmu kalau kalian ingin mendapatkan harga yang lebih masuk akal. Meskipun begitu, tidak semua mobil bekas dijual dengan kondisi yang prima.

Beberapa penjual nakal biasanya memalsukan kondisi mobilnya agar dapat menjual dengan harga yang lebih tinggi.

Untuk mendapatkan mobil seken dengan kualitas prima kamu harus meluangkan waktu mencari informasi lebih daripada membeli mobil baru.

Informasi ini bisa didapat dari komunitas, forum di internet, atau mempelajari langsung dunia otomotif.

Beberapa hal seperti jumlah kilometer, kondisi mesin dan kaki-kaki, serta kelistrikan menjadi hal yang harus diperhatikan.


Catatan tambahan untuk kalian yang menetapkan pilihan membeli mobil bekas adalah melakukan pemeriksaan dengan teliti pada mobil yang ingin dibeli.

Terkhusus untuk kalian yang tidak terlalu memahami dunia otomotif kalian bisa mengajak teknisi untuk memeriksa kondisi mobil yang akan kalian beli.

Apabila menentukan pilihan untuk membeli mobil seken kalian berarti kalian mendapatkan harga setelah terdepresiasi.

Alhasil kalian bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah untuk tipe mobil yang lebih tinggi.

Baca Juga: Tesla PHK 10% Karyawan Global, Ini Beberapa Penyebabnya!
 



Pertimbangan yang Harus Kalian Pikirkan

Mau membeli mobil baru atau seken sebenarnya tidak ada yang benar dan salah. Kesalahan hanya muncul jika mobil yang kalian beli tidak berfungsi dengan maksimal dan yang lebih parahnya menghancurkan perencanaan finansial kalian.

Setelah menentukan pilihan mobil kemudian kalian juga bisa menentukan cara pembayaran antara cash atau kredit.

Untuk para first jobber biasanya disarankan untuk mengambil pembayaran dengan menggunakan kredit dengan tenor yang tidak terlalu panjang. 

Baca Juga: Memastikan Kelancaran Mudik Lebaran 2024, Inilah Daftar Stasiun Pengisian Mobil Listrik di Tol Trans Jawa

Sebaiknya seseorang mempunyai tabungan minimal sebesar 1,5 kali dari harga mobil yang dibeli. Perhitungan ini dianggap paling realistis agar tidak mengganggu kebutuhan lain di masa yang akan datang.

Cara penggunaan dan perawatan mobil juga jadi dua hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai kalian mampu membeli mobil impian, tetapi tidak mampu membiayai biaya operasional dan perawatannya. Konsumsi bensin, service, dan pajak jadi hal yang juga harus kalian perhatikan.




----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung