Mengenal Soft Saving, Gaya Baru Gen Z Menabung untuk Dana Pensiun

(Sumber gambar: freepik.com)

(Sumber gambar: freepik.com)

Like

Menabung sudah jadi cara yang paling tepat untuk mencapai keamanan finansial. Terlebih kita perlu mempersiapkan dana darurat dan dana pensiun untuk masa depan nanti.

Perlu taktik yang pintar dalam mengelola keuangan supaya tidak kesulitan untuk membagi kebutuhannya. Apalagi saat ini banyak yang menginginkan life balance, terutama bagi para Gen Z.

Hal tersebut yang membuat Gen Z punya cara baru dalam mengelola keuangan yang lebih simple dan fleksibel. Cara sekaligus solusi cerdas ala Gen Z untuk menabung ini dinamakan dengan Soft Saving

 


Soft Saving, Nabung Santai untuk Masa Depan

Soft saving merujuk kepada konsep menabung yang santai dengan tidak mengorbankan gaya hidup, namun tetap berfokus untuk masa depan. 

Metode menabung seperti ini memang lebih mudah bagi Gen Z, sebab prioritas utamanya mengenai kedisiplinan atau konsistensi dalam menabung bukan jumlah uang yang ditabung.

Baca Juga: 7 Strategi Merencanakan Dana Pensiun Sejak Dini, Tips Sejahtera di Masa Tua!


Jadi walaupun menabung dalam jumlah yang kecil, dampaknya di kemudian hari akan tetap terasa karena teratur dalam menabung.

Biasanya, mereka menyisihkan sebagian penghasilannya untuk soft saving. Sementara sisanya, dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kualitas hidupnya seperti liburan, olahraga, membeli rumah atau mobil, bahkan melakukan perawatan diri.

Tujuannya supaya tercipta keseimbangan yang sehat antara kebutuhan saat ini dengan kebutuhan jangka panjang. Gen Z juga tidak akan merasa tertekan atau stres perihal memikirkan finansial di masa depan.