Mengenal Soft Saving, Gaya Baru Gen Z Menabung untuk Dana Pensiun

Like

Tips Mengelola Soft Saving

Konsep menabung soft saving juga perlu memperhatikan beberapa hal supaya efektif untuk mencapai financial freedom, diantaranya:


1. Prioritaskan Tujuan Utama Menabung

Meskipun metode menabungnya lebih fleksibel, tetap perlu fokus untuk tujuan utama menabung.

Bijaklah dalam mengatur keuangan dengan menyusun apa saja skala prioritas yang memang penting untuk kebutuhan di masa depan. Jangan lupa untuk mengkalkulasikan kebutuhan tersebut secara matang.

 

2. Atur Pengeluaran

Penyakit yang seringkali melekat pada Gen Z adalah berperilaku konsumtif. Terlebih, mereka membelanjakan uang tersebut hanya untuk memenuhi keinginan bukan kebutuhan.

Belum lagi Gen Z mudah sekali fomo dengan segala sesuatu yang lagi hype. Makanya, diperlukan perhatian sekaligus kesadaran diri untuk perlahan mengurangi pengeluaran secara berlebihan.

Caranya dengan menimbang dan memikirkan terlebih dahulu antara keinginan atau kebutuhan sebelum melakukan pembelian.


Baca Juga: Memutus Rantai Sandwich Generation, 4 Langkah Menyiapkan Dana Penisun dan Dana Pendidikan Anak

 

3. Manfaatkan Investasi Kecil-Kecilan

Soft saving ini tujuannya bisa untuk dana pensiun nanti. Cara ini bisa dijadikan kesempatan untuk sambil belajar berinvestasi kecil-kecilan.

Manfaatkan teknologi semaksimal mungkin lewat media sosial atau portal-portal berita online yang berfokus mempelajari instrumen investasi.

Investasi tersebut nantinya digunakan untuk merencanakan dan mengalokasikan dana pensiun. Dengan berinvestasi juga bisa menambah keuntungan tambahan untuk tabungan dana pensiun.



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung