Ternyata Pacar Banyak Utang, Haruskah Pilih Putus?

sumber istockphoto.com

sumber istockphoto.com

Like

Perkembangan teknologi semakin maju dan seakan tak terkendali. Kemudahan yang ditawarkan juga semakin menjadi.

Di balik kemudahan yang disuguhkan tersimpan bahaya yang menyulitkan. Jika tidak hati-hati kita bisa terjebak ke dalam kubangan penderitaan.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan teknologi saat ini adalah kemudahan berutang. Tanpa banyak persyaratan, dana berhasil dikucurkan asal berani membayar bunga tinggi yang terkadang tidak manusiawi.

Namun, apa jadinya jika kita yang selalu hati-hati ternyata bertemu pasangan yang hobi utang tanpa diketahui.

Apa  sebaiknya jika memilih pasangan dan memutuskan untuk maju ke jenjang pernikahan harus BI checking dulu?


Menebak apakah seseorang memiliki hutang atau tidak bukanlah sesuatu sederhana karena bersifat pribadi dan sensitif.

Namun, ada beberapa hal yang bisa memberikan petunjuk mengenai situasi keuangan seseorang.

Berikut adalah cara-cara yang bisa membantu dalam menebak apakah seseorang memiliki utang:

Baca Juga: Persiapan Psikis, Mental, dan Fisik dalam Mengarungi Bahtera Pernikahan Agar Tercapai Kebahagiaan

 

1. Perilaku Konsumtif

Hal yang terlihat cukup jelas adalah ketika seseorang memiliki pengeluaran melebihi pendapatan biasanya terlihat dari gaya hidupnya.

Misalnya, sering membeli barang-barang mahal, berlibur ke tempat-tempat mewah, tetapi tidak memiliki sumber pendapatan yang jelas.

Selanjutnya seseorang yang sering menggunakan kartu kredit dan cenderung melakukan pembayaran minimum setiap bulan, ini bisa menjadi indikasi adanya utang.


 

2. Perubahan Perilaku

Orang yang memiliki utang seringkali merasa cemas dan stres, terutama ketika mendekati tanggal jatuh tempo pembayaran. Misalnya ia lebih mudah marah atau murung.

Selain itu seseorang yang memiliki hutang besar mungkin menghindari acara sosial atau pertemuan karena keterbatasan dana atau karena ingin menghindari pertanyaan tentang situasi keuangan mereka.

 

3. Gaya Hidup dan Kebiasaan Keuangan

Jika seseorang hidup di luar kemampuannya, seperti sering makan di restoran mahal, membeli barang-barang mewah, atau berlibur secara sering, namun pendapatannya tidak sesuai dengan gaya hidup tersebut, ini bisa menjadi tanda adanya hutang.

Selanjutnya hal yang tak mudah dilihat adalah seseorang yang sering meminjam uang dari teman atau keluarga, jadi hal ini bisa diwaspadai.

 

4. Komunikasi dan Pembicaraan

Perhatikan bagaimana seseorang berbicara tentang uang. Jika mereka sering berbicara tentang masalah keuangan atau utang, ini bisa menjadi indikasi langsung.

Atau keluhan tentang pembayaran. Jika seseorang sering mengeluh tentang biaya hidup, pembayaran bulanan, atau kesulitan membayar tagihan, ini bisa menunjukkan adanya hutang.

 

5. Dokumentasi dan Administrasi

Seseorang yang memiliki utang, sangat mungkin ada tagihan-tagihan tertunda atau surat-surat dari lembaga keuangan yang menagih pembayaran di rumahnya. 

Baca Juga: Tips Anti Gagal dalam Membangun Hubungan Pernikahan, Anti Cerai dan KDRT!

Atau Pengingat pembayaran dari bank atau pemberi pinjaman lainnya bisa menjadi tanda jelas bahwa seseorang memiliki utang.

 

6. Kebiasaan Kerja dan Pendapatan Tambahan

Seseorang yang tiba-tiba bekerja lebih lama atau mengambil pekerjaan tambahan mungkin melakukannya untuk membayar utang.

Hal yang mungkin terjadi selanjutnya adalah seseorang tiba-tiba mengubah gaya hidupnya, menjadi lebih hemat atau menjual barang-barang berharga.

Hal ini bisa menjadi pertanda adanya upaya untuk melunasi utang. Tiba-tiba mengubah gaya hidupnya, menjadi lebih hemat atau menjual barang-barang berharga.