Cuan Lewat Bisnis Ternak Musiman di Hari Raya Idul Adha

Like

Masakan yang populer di hari Idul Adha diantaranya gulai, sate, rendang. Namun, masakan ini membutuhkan racikan bumbu yang pas agar masakan ini menjadi lezat.

Tidak semua orang, memiliki waktu banyak untuk membuat bumbu sendiri, mereka cenderung memilih membeli bumbu jadi atau instan agar lebih praktis.

Sehingga, meningkatnya permintaan bumbu instan juga termasuk peluang bisnis.

Penjualan hewan kurban berjalan sepanjang tahun, namun umumnya tren penjualan terus mengalami peningkatan menjelang hari raya Idul Adha.

Disebabkan oleh naiknya permintaan hewan sapi dan kambing untuk dijadikan sebagai hewan kurban.


Tidak hanya jumlah hewan ternak saja yang mengalami lonjakan, tetapi harga ternak juga mengalami lonjakan. Kenaikan harga ini yang menjadi sumber rezeki bagi pedagang.

Para pedagang hewan kurban menentukan harga hewan kurban berdasarkan berat keseluruhan dan per kilogram.

Misal saja, harga hewan kambing yang memiliki berat 24kg diberi harga mulai 2,6 jutaan, kemudian hewan sapi dengan berat kurang lebih 200kg diberi harga mulai 20 jutaan.

Sedangkan, untuk harga hewan kurban  kambing berdasarkan berat per kg dibandrol dengan harga mulai 90ribu, dan untuk sapi dibandrol harga mulai 73 ribu per kg.

Berbeda dengan hari biasa, harga hewan ternak lebih murah. Biasanya, hewan kambing dibandrol sekitar harga 1 juta sampai 1,4 juta tergantung usia.

Baca Juga: Daging Kurban Dijual? Bagaimana Hukumnya?

Sedangkan, hewan sapi dibandrol mulai harga 8,7 jutaan di usia 3-5 bulan, sapi yang usianya 1 tahun dibandrol dengan harga mulai dari 13.6 juta.

Jadi meskipun bisnis hewan kurban tergolong bisnis musiman, namun bisnis ini sering mendatangkan keuntungan yang berkali kali lipat.

Maka dari itu, momen menjelang hari idul adha menjadi momen yang paling ditunggu bagi pedagang hewan kurban.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung