4 Keistimewaan Umroh di Awal Musim, Kamu Bisa Lebih Khusyuk dalam Beribadah

Kabah di Malam Hari (sumber : dok. pribadi)

Kabah di Malam Hari (sumber : dok. pribadi)

Like

Haji dan umroh merupakan ibadah yang disebutkan dalam Al Qur'an. Setelah hiruk pikuk haji usai, saatnya menyusun rencana untuk melakukan ibadah umroh yah be-emers. Berikut adalah 4 keisitimewaan umroh di awal musim. 

Untuk melakukan ibadah haji selain memerlukan biaya yang cukup tinggi, haji pun terikat waktu yaitu dibulan Dzulhijah atau kita kenal sebagai Hari Raya Idul Adha sedangkan untuk melakukan umroh tidak terbatas oleh waktu dan biaya yang diperlukan relatif terjangkau.

Saat ini sudah mulai pembukaan kembali proses visa umroh, apa sih keuntungan berangkat umroh di awal musim atau pasca haji?

Baca Juga: Pesan-Pesan dalam Wukuf di Arafah, Ada Doa untuk Palestina


1. Tidak Terlalu Padat

Sebenarnya untuk keistimewaan yang pertama ini tidak bisa diprediksi juga, karena antusias jamaah umroh apalagi pasca covid cukup tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelum covid-19.

Namun, melihat dari yangs ebelum-sebelumnya, kepadatannya memang lebih sedikit dibandingkan musim high season liburan atau awal tahun.


Tidak terlalu padat membuat proses ibadah lebih khusyuk dan khidmat dibandingkan saat ramai. Apalagi ibadah umroh ini merupakan ibadah yang pasti memerlukan fisik prima, seperti thowaf dan sai yang bergerombol sehingga kepadatan jumlah jamaah mempengaruhi sempurnanya ibadah.

Baca Juga: Selebgram Jual Visa Ilegal, Ditangkap Polisi Saat Haji

 

2. Lebih Bersih dan Nyaman

Pasca haji biasanya pemerintah Arab melakukan pembersihan secara besar-besaran untuk menyambut musim umroh baru.

Setelah kedatangan ribuan jamaah haji, tentu saja proses ini perlu dilakukan sehingga untuk jamaah umroh awal musim hal ini menjadi momen yang baik karena lingkungan baru dibersihkan dan diharapkan lebih nyaman dalam beribadah.