Tamayo Perry Meninggal Dunia saat Berselancar, Benarkah Hiu Aktif Menyerang Manusia?

Aktor Tamayo Perry yang juga seorang lifeguard meninggal dunia akibat diserang hiu. Lantas, apakah benar hiu aktif menyerang manusia?  (Sumber: Wikimedia)

Aktor Tamayo Perry yang juga seorang lifeguard meninggal dunia akibat diserang hiu. Lantas, apakah benar hiu aktif menyerang manusia? (Sumber: Wikimedia)

Like

Tamayo Perry, Aktor Pirates of The Caribbean 4 meninggal dunia saat berselancar akibat dugaan diserang hiu di Pantai Malaekahana, Oahu, Hawaii. Sebagaimana dikutip dari APNews, Tamayo Perry merupakan lifeguard di wilayah itu.

Lantas, apakah benar hiu sering menyerang manusia seperti yang sering digambarkan di layar lebar?
 


Fakta Hiu Menyerang Manusia

Meski dianggap sebagai makhluk pemangsa yang buas, data dari International Shark Attack File (ISAF) menunjukkan bahwa insiden serangan hiu terhadap manusia sangatlah langka.

Dibandingkan dengan kecelakaan sehari-hari, risiko diserang hiu ternyata jauh lebih kecil, dengan kurang dari 70 insiden dilaporkan secara global tiap tahunnya, dan sebagian besar tidak berakibat fatal.

Menurut National Ocean Service yang dimiliki oleh NOAA, hiu mungkin menyerang manusia karena rasa penasaran atau salah paham terhadap aktivitas manusia di laut.


Baca Juga: Menjelang Hari Raya Idul Adha 2024, Begini Tips Memilih Hewan Qurban!

Misalnya, saat manusia berenang atau membuat percikan air, hiu dapat tertarik untuk menyelidiki dan kadang-kadang ini berujung pada serangan yang tidak disengaja.

Penelitian menunjukkan bahwa hiu, terutama spesies besar seperti hiu putih, hiu macan, dan hiu banteng, sebenarnya tidak melihat manusia sebagai mangsa utama.

Banyak serangan terjadi karena salah identifikasi, dimana hiu mengira manusia adalah anjing laut atau mangsa lainnya, terutama di air yang keruh atau saat ada aktivitas yang menyerupai gerakan mangsa.

Perilaku manusia di dalam air, seperti berselancar atau berenang, dapat memicu keingintahuan hiu. Kebanyakan serangan merupakan akibat dari keingintahuan hiu yang segera melepaskan gigitannya setelah menyadari manusia bukan mangsa mereka.