6 Perbedaan Kain Cotton Combed 24s dan 30s, Mana yang Paling Oke?

6 perbedaan cotton combed 24s dan 30s, yang mana yang paling oke? (Sumber gambar: Canva)

6 perbedaan cotton combed 24s dan 30s, yang mana yang paling oke? (Sumber gambar: Canva)

Like
Be-emers, setuju nggak nih kalau kaos-kaos yang dijual di distro itu berasa lebih adem dan nyaman dipakai? Nah ternyata alasan mengapa kaos-kaos distro itu kualitasnya lebih bagus dibandingkan tempat lainnya karena kebanyakan dari mereka menggunakan bahan kain cotton combed. Apa itu bahan cotton combed? Apa perbedaan dari cotton combed 24s dan 30s? Nah yuk kita bahas satu per satu. 


Pengertian Bahan Kaus Cotton Combed

Cotton combed adalah bahan yang terbuat dari 100% serat kapas dengan proses knitting atau dirajut yang melewati proses penyisiran atau combing. Bahan cotton combed dengan single knitt memiliki ciri motif rajutan benangnya yang berbeda pada kedua sisi permukaan kainnya.

Lalu untuk bahan cotton combed yang double knitt memiliki motif rajutan benang yang sama pada kedua sisinya sehingga bisa dipakai bolak-balik. Meskipun begitu, baik yang single knitt dan double knitt sama-sama menghasilkan kaos yang nyaman dipakai lho. 
 

Perbedaan kain cotton combed 24s dan 30s/Canva

Perbedaan kain cotton combed 24s dan 30s/Canva


Perbedaan Kain Cotton Combed 24s dan 30s

Ada dua tipe cotton combed yakni 24s dan 30s yang sering dijadikan bahan baku kaos nih Be-emers yang bisa kita bedakan dengan mudah. Berikut perbedaan kain cotton combed 24s dan 30s:


1. Kain Cotton Combed 24s Lebih Berat daripada 30s

Perbedaan cotton combed 24s dan 30s bisa diketahui berdasarkan gramasi atau berat dari kainnya. Gramasi menggunakan satuan gsm (gram/meter persegi). Untuk cotton combed 24s memiliki gramasi sekitar 175-185 gsm, berbeda dengan cotton combed 30s yang memiliki berat lebih ringan yakni di 140-150 gsm. Meskipun angka gramasi cotton combed bukan angka yang mutlak, tetapi hal yang pasti yakni cotton combed 24s selalu lebih berat dibandingkan cotton combed 30s.


2. Kain Cotton Combed 30s Lebih Halus daripada 24s

Makna angka pada kain cotton combed pada dasarnya menunjukkan total jumlah benang yang mempengaruhi ketebalan kain katun. Semakin besar angkanya maka hasil kainnya akan semakin halus dan lebih tipis. Cotton combed 24s memiliki tingkat kerapatan sekitar 40-50%, sedangkan cotton combed 30s memiliki tingkat kerapatan sekitar 60-70%. Semakin tinggi tingkat kerapatan kain, semakin sedikit pori-pori yang ada pada permukaan kain, sehingga semakin halus dan rata kain tersebut. Oleh karena itu, combed 30s lebih halus dan rata daripada combed 24s. 

Lalu untuk huruf 's' setelah angka ketebalan benang merupakan singkatan dari single knitt, yang mana ketika serat kapas ini dirajut menggunakan satu jarum sehingga menghasilkan kain dengan jarak benang lebih renggang dan  tipis untuk lebih nyaman dipakai.