Alasan Kenapa Freshgraduate Lebih Memilih Kerja di Startup Dibandingkan Korporasi

Sumber Gambar: Vocasia

Sumber Gambar: Vocasia

Like
Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, perusahaan startup kini mulai bermunculan, menghadirkan opsi baru bagi fresh graduate yang mengembangkan karir. Startup merupakan perusahaan baru yang bergerak dalam bidang teknologi dan inovasi. Startup biasanya lebih informal dan fleksibel dibanding dengan perusahaan besar.
 
 

Lantas apa perbedaan startup dengan korporasi?

Faktor yang membedakan startup dengan corporate adalah sumber dana. Seorang pendiri startup pada awalnya mendirikan perusahaan secara mandiri, namun kini berkembang dan menunjukkan potensi yang menjanjikan, pendanaannya akan datang dari pihak investor, sedangkan corporate pendanaannya akan diambil dari keuntungan yang dihasilkan.
Sebuah startup mengedepankan inovasi dengan tujuan mencari pasar dan pengembangan model usaha, tetapi risikonya pun sangat besar. Berbeda dengan, corporate yang memiliki tujuan awal mengumpulkan laba sebanyak.
 
Berdasarkan struktur organisasi, perusahaan startup umumnya memiliki hirarki horizontal yang dimana para atasan dan bawahan dapat berkomunikasi dua arah. Berbeda dengan budaya korporasi pada corporate yang bersifat birokratis.
 
Gen Z memiliki sifat mencintai kebebasan, berpikiran terbuka dan menyukai perhatian atau pengakuan. Sifat-sifat tersebut pun selaras dengan nuansa bekerja di sebuah startup yang fleksibel.

Apa sih alasan yang bikin Fresh Graduate memilih bekerja di start up?