3 Cara Menghindari Bayar Kuliah Pakai Pinjol

Like

2. Cari negara yang menawarkan biaya kuliah murah

Tidak semua negara menawarkan biaya kuliah yang mahal. Lalu negara mana yang menawarkan kuliah murah? Salah satunya adalah Turki, sebagaimana kita tahu bahwa banyak mahasiswa Indonesia yang mengenyam pendidikan tinggi di Turki, salah satu penyebabnya adalah biaya kuliah dan biaya hidup yang relatif murah.

Sehingga perlu kejelian dalam melihat negara mana yang cukup terjangkau untuk berkuliah. Kita dapat mencari informasinya di website universitas tersebut atau mengikuti pameran pendidikan yang banyak diadakan. serta browsing diinternet untuk melihat biaya hidup di negara tersebut.  

Baca Juga: UKT Meningkat, 4 Negara ini Gratiskan Biaya Kuliah Tanpa UKT

 

3. Student loan

Apa perbedaan student loan dengan pinjol. Student loan adalah pinjaman untuk pendidikan yang kemudian dibayarkan ketika sudah lulus dan bekerja, mempunyai bunga yang rendah.

Sedangkan pinjol adalah pinjaman yang setiap bulannya kita wajib membayar angsuran dan bunganya cukup tinggi. Banyak student loan yang ditawarkan untuk kuliah di luar negeri.








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung