Kisah Roro Jonggrang di Sejarah Candi Prambanan

Like

Syarat pertama yang diajukan Roro kepada Bandung Bondowoso yakni harus membuat sumur yang dinamakan sumur Jalatunda.

Dan persyaratan yang kedua adalah Roro ingin dibuatkan 1.000 candi yang harus selesai dalam waktu satu malam.

Persyaratan pertama telah berhasil dilakukan Bandung Bondowoso, sumur Jalatunda telah selesai dibuat. Karena merasa yakin bisa melakukan persyaratan kedua, maka Bandung Bondowoso menyanggupi membangun 1.000 candi dalam waktu semalam berbekal bantuan dari bangsa jin. 

Namun sayang usahanya tidak berhasil karena ulah Roro Jonggrang. Roro membangunkan para dayang untuk beramai-ramai menumbuk padi menggunakan alu serta memerintahkan para pengawal untuk membakar gundukan jerami di sisi timur.

Mendengar suara alu dan ada cahaya di sisi timur membuat para bangsa jin yang hampir selesai membangun candi pun segera menghentikan pekerjaannya dan sembunyi karena mengetahui pagi akan datang. 


Persyaratan kedua telah gagal dilakukan Bandung Bondowoso karena dari 1.000 candi hanya 999 yang berhasil dibangun sebelum fajar tiba.

Baca Juga: Novel Klasik 'Anne of Avonlea' Karya Lucy M. Montgomery: Kisah Keajaiban dan Pertumbuhan di Pedesaan

Tidak berhenti di situ, ternyata Bandung Bondowoso mengetahui taktik licik Roro Jonggrang yang menggagalkan usahanya membuat ia murka.

Lantas ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah arca yang cantik dan indah untuk melengkapi 999 candi yang telah Bandung Bondowoso buat dengan bangsa jin. 

Konon arca Dewi Durga yang kini berada di ruang utara candi utama Prambanan adalah perwujudan dari Roro Jonggrang.

Dulunya, situs Ratu Baka merupakan istana Prabu Baka, sedangkan bangunan 999 candi yang tidak selesai kini dikenal dengan nama Candi Sewu. Di mana lokasinya tidak jauh dari kompleks Candi Prambanan. 

Nah Be-emers jika kalian berkesempatan berkunjung ke Jawa Tengah jangan lupa untuk mampir ke Candi Prambanan ya! 










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung