Penyebab UMKM Gulung Tikar, Bukan Hanya Salah si Pelaku UMKM

Like

Penyebab Utama UMKM Gulung Tikar

1. Pemberian kredit yang over atau berlebihan dari bank atau Lembaga Pembiayaan

Tujuan awal dari pemberian kredit dari bank atau lembaga keuangan adalah untuk membantu permodalan dari UMKM tersebut, akan tetapi saat ini tidak dapat dihindari lembaga tesebut malah memberikan kredit diluar nalar  alias over kredit dengan dalih mengejar target.

Banyak UMKM yang pada akhirnya mengambil pinjaman diluar kebutuhan dan kemampuan finansialnya tanpa berpikir lama, hanya karena ditawarkan oleh pihak bank.

Baca Juga: Banjir Produk Impor: UMKM Gulung Tikar, Karena Enggak Bisa Bersaing?

Hal tersebut membuat UMKM pada akhirnya tidak dapat mengembalikan pinjaman dan modal yang awalnya untuk memutarkan usaha akhirnya habis. Kehabisan modal akan membuat usaha tidak dapat berjalan kembali dan tinggal menunggu UMKM tersebut gulung tikar.
 

2. Peraturan pemerintah yang memudahkan barang import masuk

Saat ini banyak barang impor membanjiri pasar Indonesia, dimana harga barang-barang UMKM tersebut cukup murah dengan kualitas yang lebih baik daripada barang-barang UMKM dalam negeri.

Hal tersebut mau tidak mau akan membuat UMKM dalam negeri menjadi tidak berkembang atau bahkan mati. Keadaan tersebut diperburuk oleh peraturan pemerintah yang mendukung barang-barang dari luar negeri masuk ke Indonesia. Ini juga merupakan salah satu penyebab UMKM bangkrut alias gulung tikar.  










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung