Green Skill, Apaan tuh? Ini Dampaknya Buat Ekonomi Hijau!

Like

Pentingnya Green Mindset

Mengetahui fakta memprihatinkan tersebut di atas. Mengenai penerapan ekonomi hijau di Indonesia, kita tidak bisa diam saja.

Kita sebagai manusia yang tinggal di Indonesia tentu harus mempunyai kesadaran terhadap kelestarian lingkungan atau disebut dengan green mindset. Kita seyogyanya sadar semua aktivitas yang kita lakukan juga mempunyai dampak terhadap lingkungan.

Namun, terkadang meskipun seseorang telah bekerja dan berada di lingkup green jobs tetapi mereka tidak menyadari bahwa pekerjaannya berkontribusi besar terhadap kelestarian lingkungan.

 

Lantas bagaimana cara menumbuhkan green mindset dan green jobs?

Saat ini teknologi informasi berkembang pesat, semestinya kita menyerap informasi yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan hidup atau ekonomi hijau. Sehingga kita paham bahwa Green Jobs tidak hanya bermanfaat untuk kelestarian lingkungan tetapi juga memberikan manfaat signifikan terhadap diri kita sendiri.

Maka, pada akhirnya kita memilih pekerjaan yang berada di lingkup green jobs dan untuk mendapatkannya kita juga mempunyai green skill yang memadai. Karena saat ini banyak peluang kerja yang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan green skill


Baca Juga: Greenjob dan Ekonomi Hijau: Sinergi atau Masih Jauh dari Realisasi?
 

Berikut beberapa manfaat memiliki green skill dan green jobs:

1. Peluang Kerja

Saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang fokus utamanya mengembangkan usaha berbasis ekonomi hijau. Karena itu individu yang memiliki green skill lebih berpeluang untuk mendapatkan green jobs.
 

2. Peluang Kerja Stabil dan Aman

Dengan meningkatnya regulasi ekonomi hijau pekerjaan di bidang green jobs lebih stabil dalam jangka panjang. Seseorang yang memiliki green skill atas dasar green mindset tentu pekerjaan di bidang green jobs  menjadi lebih stabil dan aman.
 

3. Ikut Andil Dalam Pelestarian Lingkungan

Dengan bekerja di bidang green jobs, selain mendapatkan penghasilan seseorang juga ikut andil dalam usaha pelestarian lingkungan.
 

4. Meningkatkan Citra Profesional

Seseorang yang pekerjaannya di bidang green jobs mempunyai nilai plus dalam pandangan profesional.