Green Skill, Apaan tuh? Ini Dampaknya Buat Ekonomi Hijau!

Like

Lantas bagaimana cara mengembangkan keterampilan green skill untuk green jobs

Ada beberapa cara untuk meningkatkan green skill untuk green jobs.

1. Pendidikan dan Pelatihan

Untuk memperoleh dan meningkatkan ketrampilan green skill kita bisa mengikuti pendidikan di bidang lingkungan, energi terbarukan atau teknologi bersih. Selain itu kita bisa juga mengikuti kursus-kursus yang berfokus pada green skill  seperti manajemen limbah,  audit  energi hijau dll.
 

2. Sertifikat Profesional

Dengan mengikuti seminar-seminar lingkungan hidup kita bisa mendapatkan sertifikat yang diakui LEED dan GRI.
 

3. Mengikuti Perkembangan Teknologi Hijau

Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti perkembangan teknologi hijau dan menggunakan teknologi hijau dalam kehidupan sehari-hari.
 

4. Belajar Mandiri di bidang lingkungan melalui baca buku, jurnal atau kursus-kursus online

Terlepas dari bagaimana penerapan ekonomi hijau di Indonesia saat ini. Pemerintah tetap berupaya menerapkan ekonomi hijau secara menyeluruh. Hal tersebut terlihat dari kebijakan pemerintah tentang energi terbarukan yaitu Peraturan Presiden No. 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang menargetkan peningkatan kontribusi energi terbarukan hingga 23% pada tahun 2025.

Baca Juga: Yuk, Kenalan dengan Green Jobs dan Peluang Karirnya!

Sebagai manusia yang merupakan warga negara Indonesia. Kita wajib melindungi kelestarian lingkungan kita sendiri. Walaupun menerapkan ekonomi hijau tidak mudah. Bahkan upaya untuk mendukung ekonomi hijau itu sendiri, sering kali terkendala oleh aturan kebijakan yang lemah dan ketidakpastian pemerintah dalam menghadapi tekanan industri.

Namun, kita harus menanamkan mindset pada diri sendiri bahwa kelestarian lingkungan sangat penting untuk keberlangsungan makhluk hidup di muka bumi. Dengan memiliki green mindset dan green skill adalah salah cara untuk kita mendapatkan green jobs.


Dengan bekerja di lingkup green jobs kita terlibat langsung dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Untuk mendapatkan perubahan lingkungan yang lebih baik kita harus memulai dari diri sendiri. Salam ekonomi hijau.

#Mon-FridayChallengeJuli








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung