Pengalaman jadi Anggota KPPS: Persiapan Sebelum, Saat, dan Pasca PEMILU

Like

Pengalaman jadi Petugas KPPS, Sebelum, Saat, dan Sesudah Pemilu

Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan selama menjadi petugas KPPS: Sebelum, saat, dan sesudah Pemilu:

Persiapan Sebelum Pemilu

KPPS mengikuti pelatihan singkat yang diselenggarakan oleh KPU, pelatihan tersebut membekali KPPS dengan pengetahuan mengenai PEMILU secara singkat, tugas dan kewenangan KPPS, dasar hukum KPPS, serta sanksi dan larangan yang harus dijauhi oleh KPPS.

KPPS diberikan mandat oleh KPU untuk mempersiapkan sarana dan prasarana seperti pembangunan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berupa tenda ukuran besar, meja dan kursi serta alat penerangan berupa lampu dan listrik.

Surat undangan juga menjadi tugas KPPS untuk disebar kepada para pemilih di wilayahnya agar pemilih tahu tanggal PEMILU.

 

Tanggung jawab saat PEMILU

KPPS mendapat surat suara dan kotak suara dari KPU dan menyiapkannya di pagi hari. KPPS menghitung jumlah surat suara sebelum dan setelah dilakukan pemungutan suara di TPS.

Hal ini untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan surat suara oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab. Kotak suara dari KPU juga diperiksa dalam keadaan kosong sebelum dilakukan pemengutan suara.


Pemungutan suara dilakukan dari pukul 08.00 sd 13.00 WIB. Setelah itu pemungutan suara selesai dan dilanjutkan dengan penghitungan suara.

Penghitungan suara merupakan hal yang paling melelahkan menurut penulis, Penghitungan suara pada pemilu kemarin dilaksanakan dari pukul 13.30 sampai dengan keesokan harinya hingga pukul 08.00.

Baca Juga: Jelang Pilpres AS, Donald Trump Gelar Kampanye Terima Donasi Kripto

Hal ini dikarenakan banyaknya surat suara yang harus dihitung satu persatu ditambah lagi ukuran surat suara yang sangat besar.

 

Pasca PEMILU

KPPS mengembalikan surat suara yang sudah dihitung kepada KPPS di tingkat kecamatan dengan kondisi kotak suara tersegel.

Di tingkat kecamatan akan dilakukan penghitungan dan verifikasi ulang oleh KPPS di tingkat kecamatan. Setelah itu tugas KPPS selesai dan menerima honor sebagai KPPS yang menurut penulis lumayan banyak.  
 
Di bulan November tahun 2024 ini akan dilaksanakan Pilkada serentak di beberapa wilayah di Indonesia. Baik itu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, pemilihan Walikota dan Wakil Walikota dan Pemilihan bupati dan wakil bupati.

Tidak menutup kemungkinan akan ada perekrutan KPPS untuk Pilkada tahun 2024. Persiapkan diri dan mental jika ada diantara pembaca yang berminat untuk pembaca sekalian. Menjadi KPPS memberikan pengalaman berharga sekaligus menjadi pejuang demokrasi.









----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung