Menghemat Uang Belanja dengan Sampah Dapur, Begini Caranya!

Mengolah sampah dapur menghemat uang belanja (Sumber gambar : pexels.com/Denise Nys)

Mengolah sampah dapur menghemat uang belanja (Sumber gambar : pexels.com/Denise Nys)

Like

Tidak selamanya sampah selalu harus berakhir di tempat sampah, alias tidak ada gunanya. Sampah dapur merupakan sampah yang bisa kita olah lagi menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Mengolah sampah dapur dengan cermat dan kreatif bisa membantu kita untuk menghemat uang belanja. Olahan-olahan dari sampah dapur antara lain sebagai berikut :


1. Cemilan atau makanan

Banyak makanan sisa yang bisa diolah menjadi cemilan atau makanan daur ulang. Seperti sisa nasi yang tidak termakan, daripada disimpan di magic jar atau rice cooker yang kadang malah membuat nasi menjadi kering, lebih baik diolah menjadi intip atau kerak nasi.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga tapi Pengin Mulai Bisnis? Ini Tipsnya!

Selain itu ada beberapa jenis umbi dan buah yang kulitnya juga bisa diolah menjadi keripik, seperti kulit kentang, kulit apel dan kulit mangga.

 

2. Ecoenzym

Ecoenzym merupakan cairan dari buah-buahan, sayuran dan gula yang diolah kemudian difermentasi. Sisa buah-buahan dan sayuran yang sudah tidak digunakan dapat dibuat menjadi ecoenzym.


Manfaat dari cairan ecoenzym antara lain sebagai cairan pembersih rumah, baju, buah dan sayur. Serta dapat juga dipakai sebagai pengusir hama. Kelebihan dari cairan ini adalah tidak mengandung bahan kimia seperti pembersih dan pengusir hama lainnya.