Menghemat Uang Belanja dengan Sampah Dapur, Begini Caranya!

Like

3. Pakan Ikan

Kamu memelihara ikan di rumah? Daripada membeli pakannya lebih hemat membuatnya sendiri. pakan ikan dapat dibuat dari  sampah dapur yang diolah menjadi pakan ikan yang mengandung nutrisi tinggi.

Proses pembuatannya juga mudah, limbah dapur dilakukan fermentasi kemudian dijemur dan digiling menjadi tepung.
  

4. Kompos

Kompos merupakan pupuk organik yang terbuat dari sampah dapur. Kompos memiliki manfaat menyuburkan tanah dan relatif lebih aman dibandingkan pupuk kimia.

Baca Juga: Teruntuk Pasangan Muda, Begini Atur Keuangan Rumah Tangga

Cara membuat kompos pun cukup mudah, hanya limbah sampah organik yang berasal dari sampah dapur dan kemudian dicampur dengan tanah, aktivator EM4 (dapat dibeli di toko pertanian), molase (air gula atau tetes tebu) dan air.
 

5. Sisa sayuran dapat ditanam lagi

Beberapa sisa sayuran dapat ditanam kembali, sehingga bisa kita olah kembali ketika tiba saat dipanen. Sisa sayuran yang dapat kita tanam lagi antara lain berasal dari sisa bonggol dan sisa batang.


Sisa sayuran dari bonggol contohnya bonggol selada, sawi dan daun bawang. Seledri juga termasuk sayuran yang sisanya bisa kita tanam kembali melalui batangnya.







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung