Sebelum Titipkan Anak ke Daycare, Orang Tua Wajib Pertimbangkan Hal Ini!

Like

Mengetahui kualifikasi guru atau pengasuh

Kualifikasi guru merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui, pastikan juga setiap guru atau pengasuh di daycare memiliki pelatihan dalam bidang tersebut. Bidang pentipan anak menjadi bidang yang sulit serta mengharuskan bekerja dengan fisik karena mengurus anak-anak.
 


Mengunjungi daycare secara langsung

Kunjungi daycare secara langsung serta memastikan tempat ini memiliki pengasukan yang terlatih dengan bersosialisasi bersama anak-anak dengan berbagai perbedaan. Sehingga anak-anak akan merasa bahagia, serta lingkungan yang positif.

Jadi keputusan ayah ibu untuk menitipkan si kecil di daycare tentu ada alasannya, namun tentunya tindakan ini memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri pada daycare.
 


Kelebihan menitipkan si kecil di daycare

Dengan menitipkan si kecil di daycare dapat memberikan program pendidikan yang komprehensif serta tempat ini menyediakan edukasi bagi anak, sehingga si kecil memiliki kemampuan kognitif serta bahasa serta sosialisasi menjadi lebih luas dengan anak-anak lain, dibanding hanya di rumah.

Baca Juga: Dilema Mencari Daycare atau Perawat yang Ramah dan Aman Anak


Sehingga si kecil lebih mendapatkan pengalaman. Sehingga si kecil mampu bersosialisaso sejak kecil, serta memiliki kepercayaan yang kuat
 


Kekurangan menitipkan si kecil di daycare

Biaya di daycare cukup tingggi, khususnya daycare yang berlokasi di pusat kota umumnya lebih mahal dibanding dengan daycare di pinggiran kota. Daycare ini biasanya menerapka late charge yang artinya ketika orang tua menjemput si kecil lebih lambat dari waktu yang sudah ditentukan.

Menitipkan si kecil di daycare tidak membutuhkan usaha lebih bagi orang tua, karena hanya perlu mengantrarkan setiap pagi serta menjemputnya di sore hari. Serta si kecil yang dititipkan di daycare cenderung lebih terkspos pada penyakit, karena berkumpul dengan banyak anak lain, ketika ada yang sakit maka mudah tertular.

Ayah ibu yang menitipkan si kecil di daycare perlu menyadari apapun alasannya untuk kembali bekerja, jangan memiliki perasaan yang salah atau benar ketika menjadi working mother tentu setiap individu memiliki perbedaan dalam menjalani kehidupan, yang terpenting membangun komunikasi yang baik dengan pengasuh daycare sehingga bisa mengurangi perasaan khawatir akibat meninggalkan si kecil.

Bagi ayah ibu jangan khawatir ketika si kecil harus dititipkan di daycare, jangan merasa bersalah pada anak. Lebih baik luangkan waktu sebanyak mungkin di malam hari seusai bekerja seharian, dengan bermain atau mengobrol dengan si kecil. karena hal inilah yang diinginkan anak, yaitu menghabiskan waktu dengan orang tua. Meskipun sekedar bermain, si kecil akan merasa bahagia.










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung