Mengatasi Permasalahan Bullying: Upaya Pencegahan dan Memberikan Efek Jera

Like

Cara Memberikan Efek Jera Pelaku Bullying

Berikut adalah beberapa cara memberikan efek jera untuk pelaku bullying yang dapat diterapkan:

1. Sanksi Akademik dan Non-Akademik

Pelaku bullying harus diberi sanksi yang setimpal dengan perbuatannya. Sanksi tersebut bisa berbentuk sanksi akademik seperti skorsing atau bahkan dikeluarkan atau sanksi non-akademik seperti dilarang mengikuti kegiatan organisasi dll.
 

2. Keterlibatan Orang Tua dan Masyarakat

Bullying bukan semata urusan institusi tempat terjadinya pembullyan tetapi juga orang tua dan masyarakat. Pelaku harus diberikan pemahaman dan konseling. Baik tentang dampak negatif dari tindakan mereka atau pemahaman atas tindakan salah mereka. Sehingga mereka benar-benar menyadari kesalahannya dan bisa memperbaiki diri. 

Dalam hal ini orang tua harus terlibat untuk memberikan dukungan moral dan pendidikan yang tepat. Perlu digarisbawahi juga, orang tua pelaku dan lingkungan tumbuh kembang pelaku harus dicermati dan diselidiki. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika ternyata pembullyan yang dilakukan pelaku merupakan hasil dari lingkungan tumbuh kembangnya. 

Baca Juga: Viral Kasus Bully, Ini Bahayanya untuk Kesehatan Mental
 

3. Publikasi Kasus dan Penerapan Sanksi yang Terbuka

Untuk menimbulkan efek jera, institusi atau lembaga terkait bisa menerapkan kebijakan transparansi dalam menangani kasus bullying. Salah satunya dengan mempublikasikan sanksi yang diberikan kepada pelaku. Hal tersebut sebagai konsekuensi nyata dari tindakan bullying.

Kasus bullying bisa terjadi kapan dan dimana saja. Maka dari itu kita sebagai masyarakat harus peduli dan berani bertindak ketika menemukan tindakan atau perilaku bully sekecil apapun. 


Memberantas tuntas bullying menang tidak mudah, maka dari itu kesadaran dari setiap individu harus ditingkatkan.

Kita harus bisa mencegah dan melindungi diri sendiri baik sebagai pelaku atau korban. Hal positif kecil yang kita lakukan berdampak besar bagi setiap orang.

Dengan kesadaran dan tindakan yang konsisten dari setiap individu, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman. Sehingga siklus bullying dapat dihentikan bahkan dari akar-akarnya.

#Mon-FridayKemerdekaan














----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung