Peringatan 17-an di Karang Bahagia; Dari Asyiknya Lomba Hingga Makan-Makan

Like

Keutuhan bangsa Indonesia tidak hanya terletak pada kesatuan wilayah, tetapi juga pada kesatuan pikiran, ideologi, dan cita-cita. Pancasila sebagai dasar negara adalah fondasi yang kuat dalam menjaga kesatuan tersebut. Jika kita tidak hati-hati, perpecahan dapur terjadi dengan mudah. Ancaman dari paham radikal, ekstremisme, dan intoleransi adalah salah satu bentuk penjajahan ideologi yang nyata. Tentu paham-paham ini berpotensi merusak persatuan dan kesatuan bangsa.  

Sebagai generasi penerus, mari kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan cara yang relevan perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan memperkuat pemahaman dan pengamalan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar kita.

Penting juga untuk menjaga semangat persatuan dan kesatuan di tengah keragaman. Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, suku, dan agama. Keberagaman ini adalah kekayaan yang harus kita jaga, bukan dijadikan alasan untuk berpecah belah. Semangat Bhinneka Tunggal Ika harus terus dihidupkan dalam setiap tindakan kita. Kita harus mampu melihat perbedaan sebagai kekuatan, bukan sebagai ancaman.

Baca Juga: Mencermati Kepahlawanan Diponegoro: Kisah Inspiratif di yang Mesti Diteladani Anak Muda

Di jaman digital ini yang merubah segala sesuatu menjadi lebih cepat menyebar, baik hal buruk atau baik. Internet menjadi dua mata pisau yang bisa menyatukan tetapi juga bisa memudahkan keretakan dengan kabar-kabar berita kontroversial.


Karena informasi mudah tersebar melalui media sosial dan sering fimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk menyebarkan hoaks, ujaran kebencian, dan provokasi yang bisa memecah belah bangsa. 

Pada akhirnya literasi digital menjadi hal wajib dan penting. Bangsa Indonesia harus cerdas menjadi negara yang cerdas dalam menyaring informasi dan tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal apaoun yang bisa merusak persatuan.

Perayaan kemerdekaan bukan lagi tentang upacara bendera, lomba-lomba dan pesta. Akan tetapi juga sebagai refleksi mendalam tentang kontribusi apa yang telah kita berikan untuk negeri. 

Semoga momentum kemerdekaan dapat menjadi sebuah komitmen kuat bagi kita dalam menjaga dan membangun keutuhan Republik Indonesia.

Mari kita bersama-sama menghadapi tantangan yang ada dengan semangat gotong royong dan persatuan. Semoga dengan ini Indonesia tetap berdiri kokoh sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur. 

#Mon-fridayChallengeKemerdekaan








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung