3 Solusi Kelas Menengah Turun Kasta, Ini yang Bisa DIlakukan Pemerintah!

Ilustrasi kelas menengah turun kasta (Sumber gambar : pexels.com/Dex Planet)

Like

Beberapa trend yang terjadi saat ini di indonesia bisa jadi merupakan alarm ekonomi bagi pemerintah, alarm tersebut menunjukkan bahwa kondisi ekonomi RI sedang tidak baik-baik saja.

Trend yang terjadi saat ini antara lain adalah pendapatan masyarakat Indonesa yang mengalami penurunan, PHK terjadi dimana-mana serta fenomena kelas menengah yang turun kasta.

Menurut Badan Pusat Statistik, banyak kelas menengah di Indonesia yang turun kasta merupakan dampak jangka panjang dari pandemi Covid-19, dimana saat itu ekonomi sedang mengalami krisis dan bantuan dari pemerintah hanya ditujukan untuk masyarakat kelas bawah.

Padahal kelas menengah merupakan kelompok penggerak ekonomi nasional yang seharusnya tidak dilupakan oleh pemerintah.

Fenomena menyusutnya jumlah kelas menengah ini seharusnya segera dikendalikan oleh pemerintah agar tidak berlarut-larut dengan harapn kondisi ekonomi nasional dapat segera membaik.


Baca Juga: Kelas Menengah RI Turun Kelas, Bagaimana Dampak dan Solusinya?
 

3 Solusi untuk Menghadapi Tantangan Kelas Menengah Turun Kasta

Lalu apa saja hal yang harus dilakukan pemerintah agar fenomena tersebut dapat berhenti, ini dia 3 solusinya.

1. Membuat kebijakan yang memperkuat daya beli kelas menengah

Hendaknya pemerintah membuat kebijakan yang bertujuan memperkuat daya beli kelas menengah bukan malah melemahkan daya beli masyarakat.

Salah satu kebijakan pemerintah yang membuat daya beli masyarakat melemah adalah kenaikan PPN atau Pajak Pertambahan Nilai yang mngakibatkan daya beli masyarakat menurun.

Harapannya kedepan pemerintah akan lebih bijak dalam memberlakukan sebuah kebijakan yang akan mempengaruhi daya beli masyarakat.