Kebutuhan Dana Darurat Meningkat, Ini Reksa Dana yang Diminati Investor

Money - Canva

Like

Kebutuhan dana darurat memang enggak bisa disepelekan, Be-emers. Apalagi di tengah keadaan ekonomi yang enggak menentu, dana darurat bisa jadi amunisi kamu nih.

Tahukah kamu, kalau dana darurat itu enggak hanya bisa kita simpan dalam bentuk tabungan di bank?

Kamu juga bisa memanfaatkan hasil investasi reksa dana untuk kebutuhan dana darurat lho!

Baca Juga: Di Tengah Volatilitas Pasar, Ini Opsi Cuan untuk Reksa Dana

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dana darurat, dilansir dari laman Bisnis, minat terhadap reksa dana pasar uang juga meningkat nih, Be-emers. Soalnya, reksa dana ini dinilai paling ideal sebagai instrumen investasi bagi investor untuk menyimpan dana darurat.


Berdasarkan data dari platform perencana keuangan digital FUNDtastic, pertumbuhan dana kelolaannya mengalami kenaikan selama pandemi, dengan rata-rata 10-20 persen setiap bulannya setelah sempat terkoreksi selama Maret hingga Mei 2020.

Enggka cuma itu, platform yang berdiri sejak akhir 2019 ini juga mencatat, 70 persen dari dana kelolaan hingga akhir September 2020 didominasi oleh reksa dana pasar uang.

Adapun, pihaknya memang fokus pada instrumen reksa dana pasar uang sebagai salah satu instrumen investasi untuk kebutuhan dana darurat. Soalnya, dana darurat dinilai penting untuk banyak hal yang tak terduga, seperti PHK dan lainnya.

Baca Juga: Seperti Apa Sih Idealnya Dana Darurat yang Kita Punya?

Produk reksa dana pasar uang jadi produk yang paling diminati di platform FUNDtastic. Di sisi lain, hal itu menunjukkan adanya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mempersiapkan dana darurat.

Masyarakat juga mulai memahami karakter instrumen investasi yang cocok untuk kebutuhannya. Adapun, reksa dana pasar uang adalah salah satu instrumen yang cocok untuk investor dengan tipe konservatif.

Dilansir dari laman Bursa Efek Indonesia (BEI), reksa dana pasar uang melakukan investasi pada Efek bersifat Utang dengan jatuh tempo kurang dari 1 (satu) tahun. Selain itu, investasinya dilakukan melalui instrumen yang gampang dicairkan.

Jadi, buat kamu yang mau berinvestasi sekaligus punya dana darurat, kamu bisa mencoba investasi reksa dana pasar uang nih, Be-emers.

Baca Juga: Terapkan Strategi Mendadak Ini Untuk Mengumpulkan Dana Darurat Di Masa Pandemi