Mau Jadi Wanita yang Jago Investasi? Ini Instrumen yang Direkomendasi

Woman - Canva

Like

Zaman sekarang, antara pria dan wanita sudah enggak ketimpangan sosial lagi nih. Wanita pun sudah enggak boleh lagi merasa insecure lagi dalam menghadapi banyak hal.

Enggak cuma itu, ternyata wanita dinilai punya kemampuan dalam pengelolaan keuangan lho. Apalagi, kelak wanita akan jadi “menteri keuangan” dalam kehidupan rumah tangganya.

Begitu juga dalam hal investasi. baik pria maupun wanita, harus mahir dalam melakukan hal ini. Menurut Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Krizia Maulana, dikutip dari laman Bisnis, investasi adalah milik semua kalangan.

Buat kamu yang masih pemula, kamu bisa memulai investasi di aset yang lebih aman seperti emas, surat utang negara, maupun deposito. Kamu juga bisa mencoba investasi di instrumen reksa dana terlebih dahulu lho sebelum mulai langsung ke instrumen saham.

Krizia menilai, reksa dana bisa menjadi pilihan investasi bagi perempuan. Apalagi untuk kamu yang kerja kantoran dan sudah menjadi ibu rumah tangga muda, investasi reksa dana dinilai cocok untuk kamu.


Baca Juga: Alasan Wanita Lebih Bisa Mengatur Keuangan
 

Modal Enggak Besar

Reksa dana punya modal investasi yang enggak terlalu besar. Bahkan, cukup dengan Rp100 ribu, kamu sudah bisa berinvestasi di reksa dana.

Enggak cuma itu, sejumlah manajer Investasi dan Agen Penjual Efek Reksa Dana (“APERD”) juga ada nih yang menawarkan investasi reksa dana mulai dari Rp10.000!
 

Lebih Fleksibel

Berinvestasi reksa dana juga dinilai lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Hal itu, bikin kamu yang super sibuk dan anti ribet, jadi bisa berinvestasi dimanapun dan kapanpun.

Selain  itu, buat kamu yang memang terbatas waktu untuk berinvestasi, kamu enggak perlu pusing lani. Soalnya, dana yang kamu investasikan akan dikelola secara otomatis oelh manajer investasi.
 

Mudah Dicairkan

Reksa dana merupakan salah satu instrumen yang likuid alias gampang dicairkan. Salah satu produknya yakni reksa dana pasar uang,  dimana enggak ada biaya masuk dan keluar sama sekali.

Selain itu, investasi ini enggak ada penalti. Jadi, dana yang dicairkan akan masuk ke rekening tabungan nasabah dalam waktu yang telah ditetapkan dalam prospektus.

Adapun, reksa dana punya tingkat risiko yang rendah sampai yang paling tinggi. Kamu tinggal menyesuaikan dengan profil risiko masing-masing deh.

Baca Juga: Ini Alasan Wanita Jangan Takut Memulai Usaha