Cuan di Tengah Fluktuasi Harga, Ini Alasan Lo Kheng Hong Pilih Saham Komoditas

Lo Kheng Hong - Image: Rachman - Bisnis.com

Like

Harga komoditas memang bergerak cukup fluktuatif di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, saham-saham di sektor komoditas juga bergejolak nih, Be-emers.

Misalnya, hingga di penutupan perdagangan saham hari ini (26/10), sektor tambang terkoreksi cukup dalam lho. Berdasarkan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), sektor tambang terjun hingga 8,89 persen.

Nah, hal ini justru jadi momen yang menarik bagi investor Lo Kheng Hong untuk mendulang cuan dalam jumlah besar!

Diketahui dari laman Bisnis, Lo Kheng Hong lagi suka banget nih mengoleksi saham-saham komoditas. Adapun, emiten yang sahamnya ia koleksi antara lain:

  • PT Timah Tbk. (TINS)
  • PT Indika Energy Tbk. (INDY), hingga
  • PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. (INKP).

Kira-kira, kenapa ya Lo Kheng Hong suka sama sektor komoditas ini?

Baca Juga: Ada Rekayasa Foto Lo Kheng Hong untuk Naikkan Saham, Kok Bisa?

 

Capital Gain Besar

Pria yang dijuluki Warren Buffett-nya Indonesia ini menyadari kalau harga komoditas memang lagi berfluktuasi. Dirinya mencontohkan, pergerakan harga batu bara yang kadang berada di level US$100, tapi bisa turun ke level US$50.

Meski begitu, menurutnya, harga batu bara yang turun jadi US$50 suatu hari bisa mental lagi ke US$100. Jadi, Lo Kheng Hong pun membeli batu bara ketika lagi “bad times” alias lagi murah.

Nah Pak Lo, sapaan akrabnya, membeli saham komoditas kemudian disimpan. Hal itu ia lakukan dengan keyakinan bahwa harga bakal kembali dan menjualnya ketika harga saham perusahaan terkait sudah naik tinggi.

Lo Kheng Hong menilai, ketika membeli sektor lain, kemungkinan dirinya justru enggak bisa dapat capital gain yang sehebat itu. Pak Lo mengaku memang menyukai komoditas karena punya capital gain yang tinggi.
 

Lebih Cepat Pulih

Selain itu, Pak Lo juga yakin kalau sektor komoditas jadi salah satu sektor yang lebih cepat pulih saat kondisi normal nanti. Ia bahkan menilai kalau pandemi ini enggak begitu parah untuk perusahaan publik (emiten).

Enggak hanya sektor komoditas, ia juga memprediksi kalau sektor perbankan akan pulih lebih awal nih, Be-emers.
 

Tips Investasi di Masa Pandemi ala Lo Kheng Hong

Menurut Lo Kheng Hong, investor harus membeli saham saat seperti ini karena harga-harga sedang turun. Bahkan, dia menyarankan agar membelanjakan seluruh uang yang dimiliki untuk membeli saham.

Meski begitu, saham yang dibeli harus dari perusahaan yang bagus dan murah ya! Adapun, Lo Kheng Hong juga memprediksi kalau usai pandemi nanti, harga saham bakal naik. Jadi, lebih baik beli saham sekarang!

Baca Juga: Begini Cara Investasi ala Lo Kheng Hong saat Bursa Anjlok