Sering Lembur? Hati-Hati, Ini Dampak Buruk yang Bakal Kamu Alami

Overtime - Canva

Like

Sebagian besar orang percaya kalau kerja itu sama juga dengan ibadah. Dengan bekerja, kamu bisa mengasah kemampuan sekaligus berkarya.

Pun, bekerja juga bikin kamu jadi punya penghasilan sendiri. Makanya, bekerja dengan sepenuh hati juga kerap dilakukan sama banyak orang.

Meski begitu, banyak juga yang terjebak dalam loyalitas pekerjaan. Bahkan, sampai bekerja dalam waktu yang lebih dari biasanya alias lembur (over time).

Nah, keseringan lembur juga ternyata kurang baik nih, Be-emers. Dikutip dari laman Bisnis, ini dampak dari keseringan lembur yang bisa saja kamu alami lho!
 

Kesehatan Fisik

Seringkali kamu pasti mengeluh tentang nyeri kantung mata yang terus menerus menusuk kamu. Meskipun menyakitkan, kamu enggak punya banyak waktu untuk beristirahat. 

Akibatnya, rasa sakit tetap ada lho! Misalnya, hal ini membuktikan bahwa sangat penting untuk mempertimbangkan kesehatan fisik kamu terlebih dahulu, daripada mengikuti pekerjaan yang berat.


Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa orang yang cenderung bekerja lebih lama dari biasanya, memiliki peluang tinggi untuk meninggal lebih awal atau terkena penyakit yang berisiko hidup.

Peneliti klinis dan dokter bahkan menyebut hal ini sama mematikannya dengan merokok karena keduanya pada akhirnya akan mengarah pada hal yang sama - risiko kesehatan yang sangat besar.
 

Kesehatan Mental

Bukan hanya kesehatan fisik yang berpengaruh, tetapi kesehatan mental kamu juga sangat terpengaruh. Bayangkan saja jam kerja dan panggilan telepon dan yang terpenting stres, membekukan otak dan pikiran kamu.

Akibatnya, hal ini bisa menyebabkan ketidakstabilan mental dan kamu juga bisa mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan gaya hidupnya.

Seiring dengan beberapa sakit kepala dan migrain, orang membutuhkan lebih banyak waktu dari biasanya untuk mengingat dan mempelajari berbagai hal, atau membuat keputusan penting dalam hidup mereka.
 

Kesempatan Berkarir

Walaupun masalah kesehatan fisik dan mental kamu enggak terlalu mempengaruhi kamu, kamu akan terkejut mengetahui bahwa karier kamu juga bisa menurun karena terlalu banyak bekerja. Penelitian telah menyimpulkan bahwa orang yang sebagian besar bekerja lembur atau lembur telah mengurangi kesempatan kerja dan keahlian untuk menjadi pekerja yang mahir.

Perusahaan juga menganggap kesejahteraan fisik dan mental yang tepat sebagai bagian dari pencalonan penuh karyawan, dan dengan demikian, jika mereka kekurangan prospek itu, perusahaan menghindari mempekerjakan orang-orang seperti itu.

Jadi, penting banget nih untuk menjadwalkan keseimbangan kehidupan kerja yang tepat untuk memberi waktu untuk diri sendiri dan orang yang kamu cintai di sekitar kamu.