Aplikasi yang Memudahkan Owner Small Business Kelola Instagram

Ilustrasi Instagram ( Sumber : freepik )

Like

Merintis usaha tentu tidaklah mudah, terutama bila kamu memiliki pekerjaan tetap dan menjadikan usaha tersebut sebagai sampingan, seperti mendirikan online shop di media sosial Instagram.

Ternyata, citra bisnis online dapat terlihat dari tampilan di media sosialnya loh. Sehingga, sebaiknya kamu mengelola konten dan tampilan Instagram kamu dengan serius agar indah dan sesuai citra yang ingin kamu tampilkan.

Sebagai bisnis kecil, tentu memiliki keterbatasan modal. Ditambah, keterbatasan waktu untuk mengelola Instagram bisnis karena disibukkan dengan kegiatan lain. Ternyata, terdapat aplikasi yang bisa memudahkan kamu mengelola Instagram bisnis kamu lho!

Berikut rekomendasi aplikasi yang bisa membantu kamu mengelola akun media sosial bisnis kamu, tanpa biaya dan bisa diakses melalui smartphone.

Baca Juga: Ini 4 Aplikasi Chatting Yang Menyediakan Fitur In App Payment
 

Preseters

Tentu selain foto yang bagus, terkadang foto perlu di edit agar lebih menarik. Bahkan, bila kualitas foto dasar yang diambil kurang bagus pun bisa barubah menjadi lebih indah dengan pemberian efek pada foto.


Oleh karena itu, efek atau filter foto menjadi hal yang cukup krusial. Sayangnya, tak semua orang ahli dalam mengedit foto. Pasalnya, tools yang ada untuk mengedit cukup banyak dan bisa membuat bingung orang yang awam.

Sehingga tak jarang orang memilih untuk menggunakan preset. Preset merupakan hasil setting editing yang telah disimpan, sehingga dapat langsung diaplikasikan ke foto lainnya saat ingin digunakan kembali.

Karena diminati dan dibutuhkan untuk mempercantik foto, preset sering dikomersialkan. Bagi small business, tentu ingin menekan biaya produksi seminimal mungkin mengingat modal usaha yang terbatas.

Kabar gembiranya, aplikasi Preseters menyediakan ratusan preset gratis untuk kamu. Penggunaannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Preseters dan aplikasi Lightroom di smartphone.

Hal itu karena Preseters terintegrasi dengan aplikasi tersebut. Dimana Preseters menyediakan preset dan Lightroom sebagai aplikasi untuk mengedit atau memasang preset. 
 

Grid Post

Bila sudah mendapat foto yang bagus pasca diedit, kamu bisa merapikan tampilannya di aplikasi Grid Post. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk memotong sebuah foto ke dalam beberapa bagian.

Seperti yang diketahui, feeds atau tampilan instagram tersusun dalam 3 kolom. Sehingga, terkadang untuk mempercantik tampilan feeds, foto dipotong menjadi 3 kolom serta jumlah baris disesuaikan dengan ukuran foto.

Bila ingin memotong sebuah foto memenuhi feeds, kamu hanya perlu memilih pilihan “photo grids” di aplikasi. Nantinya, akan terdapat pilihan potongan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Selain memotong foto agar memenuhi ukuran feeds Instagram, aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk membuat postingan carousel yang “menyambung” di Instagram. Seperti yang diketahui, Instagram memungkinkan untuk memposting 10 slides dalam satu postingan.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memotong foto yang diinginkan menjadi dua bagian atau lebih. Pastikan foto yang ingin kamu potong tidak berbentuk square atau 1080 x 1080,  akan tetapi landscape atau persegi panjang ya.

Untungnya, aplikasi Grid Post bisa membantu kamu untuk memotong carousel dengan mudah. Kamu cukup memilih “panorama crop” dalam aplikasi, kemudian memasukkan foto yang ingin dipotong dan menentukan foto tersebut ingin dijadikan berapa slides.

Baca Juga: Daftar Aplikasi Pendukung UMKM yang Dapat Meningkatkan Produktifitas Bisnis
 

Facebook Creator Studio

Bila kedua aplikasi di atas membantu untuk mempercantik tampilan foto maupun feeds Instagram, aplikasi ini akan menjadi “life hack” bagi seluruh pengusaha online shop, baik usaha kecil maupun usaha besar.

Facebook Creator Studio mampu membantu anda untuk mengelola dan jadwalkan postingan di Instagram dan Facebook, lho. Anda hanya perlu mengakses creator studio dari aplikasi maupun website mereka.

Setelah itu, kamu bisa menghubungkan akun Instagram maupun Facebook yang ingin kamu kelola. Setelah itu, kamu hanya perlu memasukkan foto dan caption yang ingin di post dan atur waktu postingan sesuai jadwal yang diinginkan.

Kamu bahkan bisa mengatur postingan untuk seminggu kedepan lho! Dengan begitu, instagram bisnis kamu akan tetap aktif mem posting meskipun kamu sedang sibuk dengan kegiatan lainnya.

Itulah rekomendasi aplikasi yang bisa membantu kamu mengelola akun instagram online shop kamu nih.

Berminat untuk mencoba? atau justru kamu punya aplikasi lain yang sudah sering kamu pakai? Sharing di kolom komentar yuk.