Ini Deretan Startup Unicorn Internasional di Tahun 2021!

Unicorn Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Mungkin istilah “Perusahaan Startup Unicorn” sudah menjadi hal yang lumrah dan seringkali dijumpai. Baik itu dijumpai dalam obrolan harian ataupun artikel yang dimuat dimedia.

Sebelum lebih jauh lagi, mungkin alangkah lebih baiknya sedikit membahas tentang definisi dari Perusahaan Unicorn ini. Dilansir dari CBInsights, Perusahaan Unicorn ialah sebuah perusahaan swasta yang memiliki valuasi sebesar $1 Billion atau 1 Milliar USD.

Sedangkan valuasi ialah acuan besaran potensi bisnis atau nilai ekonomi yang pada umumnya terdapat di bursa saham pada suatu perusahaan.

Sebagai contoh adapun Perusahaan Startup Unicorn di Indonesia yang mungkin sudah seringkali terdengar seperti Tokopedia, OVO, Traveloka hingga yang terbaru di Tahun 2021 menyusul J&T Express.

Namun, ternyata masih banyak lagi Perusahaan Startup Unicorn versi Internasional di 2021, lho!


Baca Juga: OJK Sebut Ada Decacorn yang Bakal IPO Tahun Ini!
 

Berikut Deretan Perusahaan Startup Internasional di Tahun 2021

  • FTX
    Berdasarkan data riset CBInsight, Perusahaan asal Hong Kong ini resmi menjadi unicorn pada 20 Juli 2021 dengan total valuasi sebesar US$18 milliar.

    FTX itu sendiri merupakan sebuah platform pertukaran mata uang kripto yang dibangun oleh para pedagang, untuk para pedagang. FTX menawarkan produk inovatif termasuk turunan pertama di industri, opsi, produk volatilitas dan token leverage.
     
  • ZongMu Technology
    Perusahaan asal Tiongkok, China ini resmi menjadi unicorn pada 3 Juni 2021 dengan total valuasi sebesar US$11.4 milliar. ZongMu Technology ini bergerak di bidang Surround View Advanced Assistant Driving System (ADAS) serta sistem penggerak otonom.
     
  • Weilong
    Perusahaan asal Tingkok, China ini juga resmi menjadi unicorn pada 8 Mei 2021 dengan total valuasi sebesar U$10.88 miliar . Weilong ini bergerak pada sektor consumer & retail.
     
  • Caris Life Sciences
    Perusahaan asal Amerika Serikat ini pun resmi menjadi unicorn pada 17 Mei 2021 dengan total valuasi sebesar US$7.83 miliar. Caris Life Sciences ini bergerak di bidang kesehatan.
     
  • Getir
    Perusahaan kenamaan asal Turki ini resmi juga menjadi unicorn pada 26 Maret 2021 dengan total valuasi sebesar US$7.5 miliar. Getir bergerak pada sektor layanan pengiriman hingga kurir pengirim makanan.