Jadi Tren Baru, Gimana Cara Beli Tanah Virtual?

Cara Beli Tanah Virtual Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Kebutuhan properti memang semakin meningkat nih, Be-emers. Alih-alih beli properti seperti apartemen atau rumah tapak. kini lagi tren tanah virtual lho!

Tren tanah atau lahan virtual mulai muncul seiring dengan teknologi metaverse yang makin masif. Apalagi, Facebook Inc. yang kini sudah menjelma menjadi Meta, fokus pada teknologi metaverse dan semakin mempopulerkan teknologi tersebut.

Metaverse memungkinkan banyak orang untuk melakukan aktivitas secara virtual, termasuk memiliki tanah. Seperti yang kita ketahui, aset properti seperti tanah atau lahan merupakan salah satu yang populer di dunia.

Misalnya nih, sebuah perusahaan real estate asal New York bernama Realm, diketahui telah membeli tanah digital senilai US$4,3 juta! Enggak cuma itu, dilansir cryptonews.com, kini kamu juga bisa membeli lahan virtual dalam dunia digital seperti Decentraland. 

Baca Juga: #FunFact: Facebook Bukan Satu-Satunya, Sejumlah Perusahaan Ini Juga Terjun ke Metaverse
 

Apa Itu Tanah Virtual?

Tanah atau lahan tentu menjadi aset yang bernilai cukup tinggi karena kebutuhannya yang makin tinggi. Biasanya, tanah diperjualbelikan secara fisik alias terlihat wujudnya dalam dunia nyata.


Lalu, gimana dengan tanah virtual?

Dilansir cryptonews.com, tanah virtual adalah tanah tidak berwujud yang ada di dunia maya nih, Be-emers. Meski ada di dunia maya, tanah virtual juga bisa dijual sebagai plot dan dapat dibeli menggunakan mata uang tanah tertentu lho!

Bahkan, 99.co menyebutkan, tanah virtual harga jualnya bisa terus meningkat seiring waktu berjalan seperti halnya tanah fisik. Makanya, enggak heran deh kalau tanah virtual dinilai bisa menjadi investasi yang cuan.

 

Cara Beli Tanah Virtual Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

Cara Beli Tanah Virtual

Tanah dalam bentuk fisik biasanya bisa kamu beli lewat pihak pertama (pemilik tanah) atau bahkan melalui lelang. Nah, kalau tanah virtual, kamu bisa membelinya lewat sejumlah platform digital seperti Decentraland dan Earth 2.io nih, Be-emers.

Gimana cara belinya?
 

Transaksi Tanah Virtual Lewat Decentraland

Decentraland adalah platform virtual reality berbasis blockchain yang memungkinkan pengguna untuk bermain game, mengadakan acara, berinteraksi satu sama lain, hingga membeli tanah!

Cryptonews.com menyebutkan, Decentraland merupakan virtual universe terbesar di ruang NFT yang punya tokennya sendiri lho! Token tersebut adalah MANA dan LAND.

Jadi, setiap lahan atau tanah (LAND) yang ada di Decentraland berukuran 16 x 16 meter dan direpresentasikan sebagai NFT. Meski begitu, jumlah lahan yang tersedia di Decentraland dibatasi, sehingga cukup langka untuk dimiliki.

Namun, siapa saja bisa membeli, menyewa, atau menjual tanah di Decentraland baik melalui OpenSea atau lewat marketplace resmi Decentraland nih, Be-emers. Keuntungan kalau kamu beli langsung di Decentraland Marketplace adalah kamu bisa melihat daerah tetangga dan jarak kedekatan dengan daerah terkenal.

Kalau kamu mau beli, jual, atau sewa tanah lewat marketplace resmi Decentraland caranya antara lain:
  • Masuk ke Decentraland Marketplace
  • Pilih tanah virtual kamu
    Di sini, kamu akan melihat harga tanah di token MANA, ketersediaan, dan nama pemiliknya. Kemudian, klik “buy” untuk melakukan pembelian.
  • Hubungkan dompet kamu ke Decentraland Marketplace
    Soalnya, tanah akan dikirim ke dompet kamu sebagai NFT setelah pembelian berhasil dan selesai. Kalau kamu enggak punya dompet digital, kamu bisa download dompet kayak MetaMask dan Trust Wallet.
  • Konfirmasi LAND virtual kamu
    Setelah berhasil beli, kamu bisa konfirmasi LAND di dompet digital kamu deh
 

Transaksi Tanah Virtual Lewat Earth 2.io

Dilansir 99.co, website Earth 2.io dibuat oleh Shane Isaac, yang mana berasal dari Australia. Nah, Earth 2.io dibuat sebagai ide untuk menciptakan Bumi dalam bentuk virtual dan bisa diakses siapapun nih, Be-emers.

Jadi, dalam Bumi dalam bentuk virtual itu, kamu bisa memilih tanah yang ingin dimiliki. Enggak cuma itu, pemilik tanah juga bisa menciptakan hunian dalam kehidupan nyata lho!

Earth 2.io ini bisa diakses lewat virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Artinya, kamu bisa memiliki tanah dimanapun tanpa perlu repot-repot pakai visa atau surat-surat birokrasi lainnya.

Cara beli tanah virtual di Earth 2.io:
  • Daftar dan masuk di laman earth2.io
  • Survei lahan yang ingin dibeli dengan klik “buy land” di homepage
  • Pilih petak tanah yang kamu inginkan. Nah, tipa petak yang kamu pilih menunjukkan jumlah petak yang bisa kamu beli per properti dengan maksimal 750 petak dan harga yang bervariasi.
  • Bayar tanah yang kamu inginkan dengan klik “Buy Now”. Kamu bisa membayar dengan menggunakan PayPal.

Nah, gimana, tertarik untuk beli lahan atau tanah virtual?