Sempat Mengisi Posisi Achmad Zaky, Rachmat Kaimuddin Umumkan Hengkang sebagai Dirut Bukalapak

Rachmat Kaimuddin Illustration Web Bisnis Muda - Image: GSMA

Like

Salah satu startup unicorn yang bergerak di sektor e-commerce yaitu Bukalapak (PT Bukalapak.com Tbk.) memang telah berhasil melangsungkan IPO pada 6 Agustus 2021 kemarin.

Bahkan, Bukalapak didaulat menjadi salah satu startup unicorn pertama di Indonesia yang berhasil melangsungkan IPO dengan total dana yang berhasil dihimpun hingga Rp21,9 triliun.

Akan tetapi, di tengah sepak terjang Bukalapak yang hampir menyentuh dua dekade, petinggi perusahaan e-commerce tersebut juga kerap silih berganti.

Usai dua tahun setelah kabar hengkangnya pendiri Bukalapak Achmad Zaky tersiar, kini giliran Rachmad Kaimuddin yang juga mengumumkan keputusannya untuk hengkang dari jabatannya sebagai Direktur Utama Bukalapak, nih, Be-emers!

Baca Juga: Bukalapak Masuk 5 Indeks Sekaligus, Seperti Apa Kententuan Fast Entry dari BEI?
 

Rachmat Kaimuddin Umumkan Hengkang dari Dirut Bukalapak

Dikutip dari Bisnis, tepat pada Selasa (28/12/2021) Rachmat Kaimuddin secara resmi mengirimkan surat terkait pengunduran dirinya dari jabatan Direktur Utama yang diemban olehnya sejak Januari 2020.


Surat permohonan pengunduran diri tersebut nyatanya juga sudah diterima oleh PT Bukalapak.com, Tbk. seraya dengan beberapa pernyataan yang dilontarkan oleh pihak perusahaan.

Corporate Secretary Bukalapak Perdana A. Saputro mengungkap bahwa permohonan pengunduran diri yang diutarakan oleh Rachmat Kaimuddin ini akan sepenuhnya mengikuti serta memperhatikan sebagaimana ketentuan anggaran dasar Perseroan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pihak Bukalapak juga mengungkap bahwa alasan di balik hengkangnya Rachmat Kaimuddin ini ternyata didasari keinginannya yang ingin bekerja untuk pemerintahan.

Sebelumnya, Rachmat Kaimuddin diketahui memulai jabatannya sebagai Direktur Utama Bukalapak sejak 6 Januari 2020 senada dengan amanat untuk menggantikan posisi yang sebelumnya diisi oleh Achmad Zaky yang hengkang pada Desember 2019 silam.

Lebih lanjut, usai putusan permohonan pengunduran diri tersebut diajukan, posisi jabatan yang kosong tersebut langung diambil alih oleh COO Bukalapak yaitu Willix Halim seiring sampai masa transisi kekosongan berakhir.

Selain Willix Halim, beberapa jabatan Direktur Bukalapak juga masih dipegang oleh beberapa nama sebelumnya diantaranya Teddy Oetomo dan Natalia Firmansyah.

Untuk diketahui, Rachmat Kaimuddin yang lahir di Makassar pada 15 April 1979 ini memang dikenal memiliki latar belakang yang erat kaitannya dengan bisnis dan teknologi.

Hal tersebut terbukti dari latar belakang pendidikan yang diambil oleh Rachmat Kaimuddin dalam meraih Bachelor of Science di Massachusetts Institute of Technology serta gelar Master of Business Administration di Stanford University.

Seusai menyelesaikan pendidikannya, Rachmat Kaimuddin juga pernah mengemban beberapa jabatan mulai dari Senior Associate di Boston Consulting Group, Managing Director PT Cardig Air Services, Prinsipal di Quvat Management, Chief Financial Officer PT Bosowa Corporindo hingga Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) sebelum pada akhirnya berlabuh di Bukalapak.

Gimana tanggapanmu, Be-emers?