Menjelang Resesi, Ini Daftar Mata Uang Paling Lemah 2022

Mata Uang Paling Lemah. (Ilustrasi: Canva)

Like

Mata uang menjadi salah satu kekuatan negara di mata global. Mata uang dari negara mana saja yang masuk daftar paling lemah di tahun 2022?

Sepanjang 2022, perekonomian dunia mengalami fluktuasi yang cukup tinggi. Di penghujung tahun 2022, perekonomian global justru mengalami perlambatan.

Di tengah perlambatan ekonomi dunia, negara-negara mana saja yang kurang beruntung memiliki mata uang paling lemah di dunia.
 

Daftar Mata Uang Paling Lemah 2022


Baca Juga: 10 Mata Uang Terendah dan Termurah di Dunia

Negara mana saja yang memiliki mata uang paling lemah di tahun 2022 ini?
 

1. Iran



Iran menjadi negara dengan mata uang paling lemah tahun ini. Negara Iran memiliki mata uang Iran Rial atau IRR.

Iran Rial terus mengalami devaluasi sejak 1979. Apalagi adanya perang Irak-Iran membuat perekonomian mereka hancur dan banyak bisnis yang mulai ditinggalkan. Kini nilai tukar 1 US$ terhadap Iran Rial mencapai 42.311.
 

2. Vietnam


Negara yang menempati urutan kedua dengan mata uang paling lemah adalah Vietnam. Mata uangnya terdevaluasi secara parah.

Apalagi dapat dikatakan negara Vietnam sempat mengalami situasi politik panas. Saat ini nilai tukar Dong Vietnam terhadap dollar AS mencapai 23.278 VND (Vietnam Dong). 

Baca Juga: Kenalan sama eNaira, Mata Uang Digital Nigeria dan Pertama di Afrika!
 

3. Laos


Negara ASEAN lain yang mata uangnya paling lemah adalah Laos. Mata uangnya mengalami devaluasi sejak beberapa waktu yang lalu. Laos juga termasuk negara miskin di Asia Tenggara.

Mata uang Laos adalah Kip Laos atau LAK. Nilai tukarnya mencapai 15.151 Kip Laos untuk 1 US$.
 

4. Indonesia


Sangat disayangkan Indonesia harus masuk daftar negara yang memiliki mata uang paling lemah. Jika dibandingkan negara ASEAN lain, pertumbuhan mata uang Indonesia cukup baik. 

Namun, belum bisa membuat Rupiah kuat dalam skala global meski perekonomiannya cukup stabil. Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS mencapai hampir 15.000.
 

5. Sierra Leonean


Mungkin negara ini asing di telinga masyarakat awam. Sierra Leonean adalah negara yang sangat miskin di Afrika. Banyak masalah yang dialami negara itu dan mata uangnya mengalami devaluasi. 

Sierra memiliki mata uang Sierra Leonean Leone atau SLL dan nilai tukarnya terhadap dollar AS mencapai 13.314. Tahun 2021 Sierra Leone memutuskan kebijakan redenominasi mata uangnya. 

Ternyata Indonesia masih masuk ke dalam daftar negara dengan mata uang paling lemah di dunia nih, Sobat.

Baca Juga: Rupiah Bisa Jadi Mata Uang dengan Performa Terbaik se-Asia

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.