6 Cara Mengatasi Burnout, Salah Satunya Mencari Hobi

Ilustrasi burnout (Sumber gambar : pexels.com)

Like

Menurut laman wikipedia.com, burnout adalah istilah psikologi yang digunakan untuk menggambarkan perasaan kegagalan dan kelesuan akibat tuntutan yang terlalu membebankan tenaga dan kemampuan seseorang.

Burnout yang terjadi berkepanjangan akan mengakibatkan dampak negatif bagi diri kita, seperti menyebabkan depresi, kecemasan dan gangguan kesehatan. 

Tidak hanya bagi pekerjanya saja, burnout juga menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan karena kinerja perusahaan akan menurun akibat performance karyawan yang rendah. 

Dengan berbagai dampak negatifnya, membuat burnout menjadi sesuatu yang sangat penting untuk disembuhkan. Lalu bagaimana cara-cara untuk mengatasi burnout, berikut beberapa caranya :

 

6 Cara Mengatasi Burnout

1. Beristirahat

Istirahat adalah hal yang penting bagi seorang pekerja, pekerja yang dijejali pekerjaan dan minim beristirahat dipercaya mempunyai tingkat burnout yang tinggi. Istirahat akan membantu memulihkan diri dari kelelahan sehingga akan membantu meningkatkan kemampuan dan daya berpikir dalam bekerja.


Baca Juga: Pentingnya Detoksifikasi Sosial Media untuk Konten Kreator
 

2. Telusuri penyebab dari burnout kita

Telusuri penyebabnya, kebiasaan dan hal-hal yang menyebabkan stres kita. Serta telusuri hal-hal yang dapat membantu kita, sehingga membantu kita untuk mengurangi burnout yang terjadi.
 

3. Olahraga

Cukup olahraga ringan dengan durasi tidak lama, yang penting rutin dilakukan. Hal tersebut dipercaya dapat membantu mengubah suasana hati kita dan membantu mengatasi respon tubuh yang timbul akibat stres.