Makanan Pengganti Nasi yang Lebih Sehat dan Mudah Ditemui

umbi, ha vermut dan pasta makanan pengganti nasi (sumber gambar: freepik.com)

umbi, ha vermut dan pasta makanan pengganti nasi (sumber gambar: freepik.com)


Siapa di antara pembaca yang wajib dalam makan nasi? Pasti banyak dari kita yang tidak bisa lepas dari nasi walaupun sudah banyak makan makanan lain yang kalorinya sama dengan sepiring nasi. Sebenarnya cara makan seperti ini adalah yang kolot dan kuno.

Sehingga tidak bisa beradaptasi dengan cara makan dan makanan yang baru. Semuanya wajib serba nasi. Padahal ada alternatif lain pengganti nasi.

Hal ini juga yang membuat pengeluaran bulananmu semakin boros. Karena setiap kamu makan nasi maka harus didampingi dengan makanan lain seperti sayuran dan lauk pauk pelengkap.

Nasi berasal dari beras, beras merupakan komoditas terbesar yang dikonsumsi orang di Asia terutama Indonesia. Padahal harga beras di Indonesia terbilang tinggi dibanding Vietnam dan Thailand. Ditambah proses produksi beras sering mengalami gagal panen.

Oleh karena itu kamu bisa mencoba beberapa alternatif makanan pengganti nasi. 

Baca Juga: Rahasia Awet Muda ala Orang Jepang, Ternyata Ini Resep Dietnya!



Umbi-umbian 

Kamu dapat mencoba singkong, ubi ungu, ubi jepang, ubi madu dan talas. Ke semuanya itu termasuk dalam umbi-umbian.

Pengolahannya juga cukup mudah, dapat kamu goreng, rebus/kukus dan bahkan panggang atau dibakar.

Namun yang perlu kamu perhatikan karena umbi-umbian berasal dari akar tanaman maka kamu harus membersihkan tanah yang menempel pada kulit umbi. Bersihkan sampai benar-benar bersih dan kamu kelupas kulitnya.

Karbohidrat dan serat yang tinggi pada umbi-umbian lebih banyak dibanding nasi oleh karena itu kamu akan lebih cepat merasa kenyang. Harganya yang sangat murah dapat menghemat uang belanja mu.