Serba-serbi Unpaid Internship : Masihkan Untung Walau Tak Dibayar?

Like

3. Sistem kerja

Walaupun banyak lowongan unpaid internship yang menawarkan magang secara daring, tidak sedikit pula yang menganut sistem kerja dari kantor.

Ada pula yang menerapkan sistem hybrid, di mana peserta tetap wajib ke kantor beberapa kali. Cari tahu juga, durasi pekerjaan per hari.
 

4. Proses dan durasi seleksi

Program unpaid internship tidak berarti proses seleksi menjadi mudah. Secara garis besar, perusahaan menerapkan proses seleksi dari pengisian form dan pengiriman berkas.

Baca Juga: Mencari Peruntungan Lewat Unpaid Intership, Kira-Kira Gimana Prospeknya?

Berkas bisa hanya CV dan portfolio, namun ada pula yang mewajibkan untuk melampirkan KTP dan ijazah terakhir. 

Proses seleksi bisa berlanjut ke proses studi kasus, interview atau bahkan grup diskusi (FGD), tergantung dari kebijakan perusahaan.


Semakin panjang prosesnya, maka semakin panjang pula durasi seleksinya. Pertimbangkan dengan matang apakah kamu sanggup menjalani proses tersebut untuk program unpaid internship.
 

5. Tanggung jawab

Cek dengan teliti  job desk yang dijabarkan. Apakah sesuai dengan posisi yang ditawarkan atau justru peserta dituntut untuk multitasking.
 
Pertimbangkan dengan matang semua informasi yang terlampir di iklan lowongan unpaid internship. Untuk lebih detail, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan kepada narahubung perusahaan.

Jadi gimana menurutmu, apakah unpaid internship masih menarik dan membawa keuntungan?













---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung