Antara Cuan & Pengabdian, Startup Social Enterprise Lokal Ini Sukses dengan Pendanaan Ventura

Like

 

Warung Pintar - Image: warungpintar.co.id

Warung Pintar - Image: warungpintar.co.id

Warung Pintar

Enggak cuma warung makan doang nih, warung kelontong pun juga mulai mendapat perhatian dari perusahaan rintisan social enterprise. Warung Pintar adalah salah satunya.

Dibentuk sejak 2018, Warung Pintar fokus pada digitalisasi warung kelontong. Hal ini tentunya sebagai wujud dari pengembangan UMKM yang harus bersaing di tengah maraknya usaha digital.

Baca juga: Warung Pintar, Startup Keren Untuk Dukung Warung!

Enggak cuma warung kelontong, lewat tagar #TumbuhBarengWarung, Warung Pintar juga mendampingi usaha kelontong lain kayak warung kopi (warkop) dan sebagainya. Sama kayak Wahyoo, para mitra Warung Pintar juga bisa menukarkan poin dengan hadiah dari pembelanjaan.

Sudah bermitra dengan lebih dari 1.000 kios, Januari 2019 lalu Warung Pintar berhasil mendapat pendanaan seri B senilai US$27,5 juta. Pendanaan itu diperoleh dari sejumlah investor terdahulunya seperti SMDV, Vertex, Pavilion Capital, Digital Garage, Line Ventures, EV Growth, Triputra, Jerry Ng, hingga OVO.
 

KitaBisa

Dikenal sebagai platform penggalangan dana (fundraising), KitaBisa kerap hadir untuk membantu berbagai masalah sosial. Dengan memanfaatkan teknologi, perusahaan yang lahir sejak 2013 ini melakukan penggalangan dana secara mudah dan lebih modern.


Enggak hanya itu, penggalangan dana melalui platform ini lebih transparan dan enggak membatasi siapapun untuk berpartisipasi. Bukan hanya berkontribusi dalam masalah sosial seperti donor darah, pendidikan, dan kemiskinan, KitaBisa juga diketahui telah banyak melakukan fundraising untuk kegiatan konser hingga fitur “Birthday Fundraising”.

 

KitaBisa - Image: blog.kitabisa.com/

KitaBisa - Image: blog.kitabisa.com/


Meski sukses menjadi penggalang dana, KitaBisa juga pernah mendapatkan pendanaan ventura lho! Dikutip dari TechinAsia, di bulan November 2015, KitaBisa meraih pendanaan tahap awal dari Angel Investment Network Indonesia melalui program startup inkubasi GEPI Raising Giants.

Selain pendanaan, dalam melancarkan program penggalangan dananya, KitaBisa juga kerap berkolaborasi dengan sejumlah pihak, bahkan public figure. Adapun, pada Januari 2020, KitaBisa diketahui bekerja sama dengan dompet digital DANA buat meningkatkan filantropi digital.