Ini Keuntungan Kerja di Startup: Investasi Pengalaman dan Skill

Keuntungan kerja di startup (Format: pixabay.com)

Keuntungan kerja di startup (Format: pixabay.com)

Like

Keterbukaan lapangan kerja saat ini semakin selektif dalam menerima lulusan baru. Hal ini membuat setiap orang semakin sulit mencari kerja di jaman sekarang. Jika kamu tidak memiliki potensi yang benar-benar berarti, maka akan sulit untuk bersaing. 

Namun, kita tidak perlu takut lagi. Menurut Kumparan, awal 2019 lalu tercatat sebanyak 2080 startup yang ada di Indonesia. Ini mengindikasikan, semakin banyaknya startup yang terbuka, maka semakin banyak pula lapangan kerja yang tersedia untukmu. 

Generasi muda gak harus lagi nih berpatokan untuk bekerja di perusahaan yang besar. Terkadang, penghasilan memang menggiurkan, namun bekerja di startup nyatanya memiliki cukup banyak keuntungan untukmu.

Yuk, simak ini dia pembahasan keuntungan bekerja di startup!


Ajang Latihan Untuk Membuka Usaha Sendiri

Bekerja di perusahaan startup dapat menjadi salah satu bekal yang kamu dapatkan ketika ingin membuka usaha sendiri. Hal ini dikarenakan kamu bekerja di perusahaan yang masih berkembang. 

Sehingga ketika kamu bekerja di sini, maka kamu pun akan diberikan tanggung jawab yang akan terus meningkat. Dengan begitu, kamu akan dituntut untuk belajar dan berkembang dengan cepat pula.


Memiliki posisi sebagai bos yang teliti di dalam finansial perusahaan, mengembangkan ide yang kreatif dapat kamu rasakan ketika bekerja di startup. Hal ini tentu saja dapat menjadi modal latihan untuk membangun usaha sendiri kedepannya.

Pengalaman kerja seperti ini, tentu saja tidak akan kamu dapatkan ketika bekerja di perusahaan konvensional. Pasalnya, kamu nantinya akan berada di struktur organisasi yang patuh. Itu lah salah satu keuntungan kerja di startup yang bisa kamu dapatkan.


Memiliki Kepuasan yang Terus Berkembang

Hal lainnya yang akan kamu dapatkan ketika bekerja di perusahaan startup adalah kamu akan terus mengalami perkembangan. Hal ini dikarenakan banyak kesuksesan yang akan kamu raih ketika bekerja disini.

Pasalnya, kamu tak hanya akan puas akan target bulanan yang tercapai saja. Hal ini dikarenakan perusahaan akan terus berkembang, sehingga akan banyak pencapaian yang nantinya akan kamu dapatkan.


Memiliki Suasana Kerja yang Tidak Kaku

Keuntungan kerja di startup tentu saja akan berbeda dengan kamu yang kerja di lingkungan perusahaan konvensional. Hal ini dikarenakan lingkup kerja dari startup sangat berhubungan antara satu dan yang lain.

Pasalnya, di lingkungan kerja ini, kamu pun nantinya akan bisa berkenalan dengan sesama perusahaan startup di bidang yang sama. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan kerja di startup yang bisa kamu dapatkan.

Dengan adanya kerja sama yang sering kali dilakukan, akan membuat kamu memiliki koneksi yang lebih luas. Sehingga, ketika perusahaan startup kamu memiliki pelayanan dan hasil kerja yang bagus maka tak menutup kemungkinan rekan kolega akan mempromosikannya.


Kultur Profesional 

Memiliki usia yang tergolong masih muda, bekerja di perusahaan startup cenderung bisa membuat kamu berkembang. Pasalnya, kamu tak perlu untuk terperangkap di dalam lingkungan kerja yang monoton.

Bekerja di startup, biasanya menuntut kamu mengeksplor pola bekerja yang efektif untuk dirimu sendiri. Biasanya, kamu bisa terlatih menjadi orang yang profesional, serta bisa membedakan kapan harus santai dan bekerja. Juga, kamu tahu bagaimana berempati dengan tetap mempertahankan tanggung jawab.


Kamu Memiliki Kontribusi di Dalam Perusahaan

Keuntungan kerja di startup selanjutnya adalah kamu memiliki peran yang besar di dalam perusahaan. Hal ini dikarenakan karyawan dari perusahaan startup tidak sebanyak perusahaan konvensional.

Sehingga, dengan adanya kontribusi lebih di dalam perusahaan akan membuat kamu menjadi pribadi yang berkembang. Hal ini akan membuat kamu lebih bisa mengembangkan potensi yang dimiliki. Kamu bisa menemukan passion-mu juga. 

Keuntungan kerja di startup dapat menjadi pilihan yang tepat di jaman sekarang. Sehingga, kamu tak perlu terperangkap dan terpatok untuk harus bekerja di perusahaan konvensional.

Nah ini dia hal-hal yang bisa kamu dapatkan ketika bekerja di startup. Ingat memulai karir di startup, bisa mengasah kemampuanmu lebih baik lagi.

Sehingga, suatu saat nanti kamu bisa percaya diri untuk menapaki karir korporasi. Mantapkan skill dan kemampuanmu sedari dini, ya! 

Baca Juga: Apa Itu Startup dan Bagaimana Strategi Pemasarannya