Program Pemerintah UMKM GO Digital Semakin Terwujud. Pandemi Buat UMKM Melek!

Pogram pemerintah UMKM Go Digital (Format: Pixabay.com)

Pogram pemerintah UMKM Go Digital (Format: Pixabay.com)

Like

Era digital menjadi salah satu lahan yang tepat untuk anda yang siap dan ingin merambah dunia yang lebih luas. Dengan koneksi internet, anda dapat menjangkau pasar hingga ke mancanegara.

Faktanya, banyak pebisnis mikro dan kelas menengah masih tertinggal karena masih dengan paradigma lama. Oleh sebab itu, pentingnya program pemerintah UMKM go digital untuk semua segmen bisnis.

Dilansir melalui CNN Indonesia, pemerintah merasa sisi positif pandemi ini membuat banyak para pelaku usaha konvensional sadar akan kebutuhan mereka untuk mulai berjualan online. Terbukti bahwa saat ini total E-commerce melonjak hingga 9,4 juta. 

Menurut Okezone, langkah UMKM Go Online ini wajib diambil agar seluruh usaha yang dilakukan rakyat dapat berkembang di tengah persaingan bisnis yang ketat. Yuk, maksimalkan 4 cara mewujudkan program yang telah disusun di bawah ini!
 

1. Lakukan Literasi

Tanpa sadar, banyak pebisnis yang memulai usahanya tanpa bekal pengetahuan yang cukup. Hal ini dipandang remeh karena banyak orang yang bermodal keahlian dan biaya untuk mendirikan suatu usaha.

Padahal, kedua hal tersebut tidaklah cukup sebagai alat untuk bersaing di era yang semakin maju. Para pelaku usaha ini membutuhkan suatu bekal lierai yang cukup untuk merambah pasar digital.


Anda perlu memiliki suatu pondasi yang tepat, seperti strategi marketing untuk memakai website atau sosial media. Kedua platform tersebut masih sangat populer sebagai alat promosi semua jenis usaha yang anda miliki.

Selain strategi marketing, anda juga membutuhkan literasi terkait inovasi dan kreasi untuk hasilkan produk unik. Program pemerintah UMKM go digital ini dapat anda wujudkan bila telah memenuhi standar dari usaha secara online.


2. Alat untuk Pemasaran

Hal ini dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti banyaknya pengguna yang memakai suatu sosial media. Implikasinya tentu berpengaruh pada target konsumen yang anda inginkan, sehingga dapat mencapai target penjualan.

Oleh sebab itu, anda harus memilih platform media sosial yang tepat agar dapat mencapai segmentasi yang sesuai. Tidak lupa untuk memberikan kemudahan untuk melakukan proses pemesanan secara online.

Selain sosial media, anda juga dapat melakukan pemasaran dengan memiliki situs resmi, seperti website. Toko online akan dinilai lebih kredibel atau profesional bila memiliki alamat resmi yang memuat info lengkap seputar bisnis anda.

Program pemerintah UMKM go digital ini dapat anda capai bila bisa memaksimalkan peran alat pemasaran online dengan baik. Promosi lewat sosial media ini pun tidak memerlukan biaya yang tinggi.


3. Model Bisnis

Berbisnis secara online dan offline tentu memiliki model yang berbeda, sehingga harus anda perhatikan dengan baik. Anda memerlukan toko secara fisik dan tempat penyimpanan stock agar selalu siap untuk dilihat pelanggan.

Itulah yang diperlukan toko secara offline, tetapi kebutuhan untuk toko secara online ini cukup berbeda. Anda tidak perlu memiliki tempat secara fisik, tetapi hanya perlu tempat untuk menyimpan sampel yang akan dipasarkan.


4. Koneksi

Salah satu kunci dari usaha yang siap untuk merambah pasar digital membutuhkan koneksi internet yang baik. Berada di perbatasan tidak lagi menjadi alasan karena telah ada proyek Palapa Ring, sehingga bisa terhubung dengan dunia digital.

Syarat keempat ini menjadi salah satu kunci dari program pemerintah UMKM go digital agar bisnis anda semakin dikenal banyak orang. Dengan begitu, penjualan dan segmentasi konsumen juga semakin luas.

Ekosistem digital semakin banyak diterapkan oleh pelaku usaha, tetapi masih banyak usaha kecil yang belum berkembang di dalamnya. Diperlukan suatu program dari pemerintah agar pebisnis bisa mengembangkan usahanya.

Terdapat 4 syarat yang menjadi kunci berhasilnya usaha secara online, yaitu literasi, alat untuk pemasaran, model bisnis, dan koneksi. Salah satu hilang, bisnis anda tidak akan berjalan dengan baik. Yuk, pengusaha muda mari mulai bisnismu, semangat berkarya, ya!

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol, Ini Tipsnya!