Cara Aman ke Rumah Sakit di Masa New Normal

Ruang periksa pasien di rumah sakit (Sumber gambar: Storyblocks)

Ruang periksa pasien di rumah sakit (Sumber gambar: Storyblocks)

Like

Pandemi Covid-19 di Indonesia memang belum sepenuhnya berakhir, bahkan cenderung meningkat. Walaupun aktivitas masyarkat mulai berangsur normal, namun masih banyak masyarakat yang enggan keluar rumah seperti ke pasar, tempat pelayanan umum bahkan ke rumah sakit. Hal ini dikarenakan penyakit menular Covid-19 terus membayangi.

Kini banyak orang yang sakit justru memilih untuk membeli obat di apotek dan enggak ke dokter atau rumah sakit. Hal tersebut dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih membayangi terutama ketika berobat ke rumah sakit.

Namun, bagi pasien yang memiliki gangguan kesehatan metabolik, seperti diabetes, kolestrol, hipertensi, jantung, ibu hamil dan anak-anak yang membutuhkan vaksinasi sebaiknya jangan menunda untuk chek up rutin ke dokter.

Pasti banyak orang yang ingin melakukan chek up namun khawatir dengan pandemi Covid-19 ini. Berikut tips aman ke rumah sakit di era new normal :
 

Protokol Kesehatan

Pilih rumah sakit dengan protokol kesehatan yang ketat. Seperti memisahkan area pasien gejala Covid-19 dengan pasien biasa dan pengunjung lain.
 

Wajib Masker

Penggunaan masker menjadi hal wajib dalam upaya minimalisir penyebaran Covid-19. Tak hanya itu, gunakan face shield untuk memberi rasa aman yang lebih serta ganti masker apabila basah.
 

Jaga Jarak

Selalu jaga jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain dan selalu hindari kontak langsung dengan orang lain.

 

Rajin Cuci Tangan

Cuci tangan menggunakan sabun atau dengan hand sanitizer berbahan alkohol selama 20 detik setelah menyentuh atau kontak dengan benda dan orang lain.
 

Datang Sesuai Jadwal

Di masa new normal, pasien dihimbau untuk datang mendekati waktu konsultasi dengan dokter yang anda tuju. Hal ini bertujuan agar tak perlu lama menunggu di rumah sakit.
 

Segera Mandi

Setelah pulang dari rumah sakit, dianjurkan mandi dan mengganti pakaian yang telah anda gunakan sebelumnya.