Wah, Telkom (TLKM) Bakal Bawa Anak Usahanya untuk IPO!

Tower - Canva

Tower - Canva

Like

Beberapa waktu belakangan ini, sejumlah perusahaan di bawah payung BUMN tengah membawa anak usahanya untuk melantai di bursa. Salah satunya yakni PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. alias Telkom.

Perusahaan dengan kode saham TLKM itu bakal membawa PT Dayamitra Telekomunikasi Indonesia (Mitratel) untuk melakukan Initial Public Offering (IPO). 

Terkait rencana tersebut, pihak Telkom akan melakukan hal yang sama dengan Pertamina. “Ke depan juga dalam klaster yang ada kita akan lakukan IPO dan strategic partnership. Seperti Pertamina upstream holding,” ungkap Vice President Corporate Communication Telkom Arief Prabowo, dikutip dari Bisnis.

Baca Juga: Blanja.com Berhenti Beroperasi, Ada Apa?

Selain itu, Telkom saat ini tengah melakukan konsolidasi internal dan mengkaji rencana secara lebih detail terhadap wacana tersebut. Hal itu dilakukan sebagai upaya dari value creation bisnis tower yang lebih menguntungkan bagi perusahaan.


Hingga kini, belum ada tanggal pasti kapan rencana tersebut akan direalisasikan. Pihaknya menilai kalau implementasi rencana tersebut butuh pertimbangan waktu yang tepat.

Di sisi lain, sebagai bagian dari pengelolaan portofolio perusahaan, Telkom Group memang lagi berupaya untuk melakukan optimalisasi bisnis dan aset yang dimiliki. Salah satunya yaitu portofolio bisnis tower yang saat ini dikelola oleh Mitratel.

Adapun, sebagai perusahaan terbuka, TLKM tentunya akan mematuhi prinsip tata kelola perusahaan yang baik, yakni dengan secara terbuka menyampaikan informasi terhadap inisiasi bisnis yang perlu diketahui oleh publik.

Baca Juga: Ada Wacana Investasi ke Gojek, Apa Sih Keuntungannya Buat Telkom?
 

Fun Facts Mitratel

Mitratel merupakan anak usaha Telkom yang bergerak di bisnis menara telekomunikasi sejak 2008. Bahkan, dengan kepemilikan lebih dari 16.000 menara, Mitratel digadang-gadang jadi perusahaan menara telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia lho, Be-emers!

Uniknya, rencana IPO Mitratel sebenarnya sudah ada sejak tahun 2010 lalu nih. Saat itu, sambil menunggu pengalihan menara Telkomsel, Telkom menargetkan Mitratel bisa melantai di bursa sebelum tahun 2013.

Namun, itu hanya menjadi wacana. Hingga tahun 2016, rencana itu mencuat kembali seiring dengan batalnya Mitratel tukar guling saham (share swap) dengan perusahaan menara lain, yakni PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG).

Lagi-lagi, hal itu hanya jadi wacana. Lalu, akankah di rencana IPO Mitratel akan benar-benar terealisasikan?

Baca Juga: Pemimpin Muda di BUMN Bertambah, Bos Bukalapak Resmi Jadi Direktur Digital Telkom