Startup Agritech Ini Bisa Bantu Usaha UMKM Lho!

Farm - Canva

Farm - Canva

Like

Mungkin selama ini, hasil tani kebanyakan akan dikelola kembali oleh koperasi atau para tengkulak. Namun, dengan kehadiran perusahaan rintisan (startup) di sektor teknologi agrikultur (agritech), hal tersebut jadi salah satu solusi untuk mensejahterakan petani.

Soalnya, para perusahaan rintisan agritech tersebut akan membantu mengelola hasil pertanian langsung dari petani dengan didukung teknologi terkini yang menyesuaikan zaman.

Baca Juga: Startup Agritech Dinilai Punya Prospek Menjanjikan Lho

Di sisi lain, ternyata hal itu juga bisa membantu para pelaku UMKM yang menjual hasil pertanian. Hal itulah yang dilakukan sama perusahaan rintisan Eden farm.

Diketahui dari laman Bisnis, Eden Farm baru saja meluncurkan aplikasi di Android dan layanan pemesanan otomatis melalui WhatsApp lho!


Menurut Founder dan CEO Eden Farm David Gunawan, layanan terbaru mereka itu diharapkan bisa semakin membantu usaha para petani dan UMKM. Soalnya, masyarakat nantinya dinilai jadi makin gampang untuk melihat katalog produk saat melakukan pesanan secara mandiri.

Demi memastikan hasil pertanian dalam negeri terserap dengan baik, pihaknya pun menyediakan kebutuhan hasil tani dengan harga yang stabil. Enggak cuma itu, Eden Farm juga buka peluang bisnis reseller nih, Be-emers.
 

Dua Program Lainnya

Selain itu, untuk memperkuat perannya di industri agritech, perusahaan rintisan yang sudah eksis sejak 2017 ini juga diketahui membangun Eden Farm Sourcing Center (ESC) dan Eden Farm Distribution Network (EDN).

Nah, kedua program itu saling berkesinambungan antara hulu dan hilir. Adapun, ESC merupakan program kerjasama langsung dengan petani untuk menentukan sejumlah hal, seperti:
  • Pola tanam,
  • Kepastian harga jual, dan
  • Kepastian jumlah hasil tani yang diambil setiap harinya.

Sedangkan EDN, yakni sebuah jaringan distribusi yang dibuat Eden Farm dengan memberdayakan banyak masyarakat. Adapun, program EDN ini  tersebar di berbagai lokasi dan berada dalam radius 5 km dari pelanggan lho. Jadi, pengirimannya pun lebih cepat dan efisien.

Baca Juga: Bantu Ketahanan Pangan, Berikut Startup Agritech yang Perlu Kamu Tahu