Dinkop-UMKM Jawa Tengah Lagi Cari Milenial yang Mau Bangun Startup Lho, Tertarik?

Startup - Canva

Startup - Canva

Like

Di saat banyak anak muda yang berlomba mengejar karir di korporat, rupanya ada juga lho yang justru punya obsesi untuk mendirikan sebuah perusahaan rintisan (startup).

Kamu salah satunya enggak nih, Be-emers?

Pertumbuhan startup di Indonesia enggak main-main lho. Berdasarkan data Startup Ranking, Indonesia berada di urutan kelima sebagai negara dengan pertumbuhan startup terbesar di dunia!

Nah, buat kamu yang tertarik mau bikin startup, bisa banget kok! Apalagi, sekarang banyak banget pihak yang menyelenggarakan program akselerasi atau inkubator untuk perusahaan rintisan nih.

Baca Juga: Akselerator dan Inkubator Startup di Indonesia untuk Bisnis


Diketahui dari laman Bisnis, Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM) Provinsi Jawa Tengah punya program serupa, yang bertajuk “Hetero for Startup”. Dengan menggandeng Hetero Space dan Sampoerna Untuk Indonesia, program ini dimulai pada bulan Oktober hingga Desember 2020.

Ditargetkan bisa menjaring 1000 anak muda Jawa Tengah untuk memulai usaha rintisan, Kepala Dinkop-UMKM Jateng Ema Rachmawati berharap anak muda di Jawa Tengah dapat memanfaatkan program ini untuk mulai mengembangkan embrio usaha rintisannya.

Lalu, apa aja sih yang diberikan dalam program ini?

Program ini enggak cuma berisikan pelatihan berbentuk bootcamp, tapi juga memberikan fasilitas inkubasi bisnis serta bantuan pendanaan hingga Rp50 juta bagi tim yang terpilih hingga tahap akhir lho!

Selain itu, program tersebut juga dibentuk untuk memberdayakan aset non-fisik. Menurut Ema, kalau UMKM punya aset tanah dan bangunan, startup punya aset lain yang berharga yakni ide kreatif.

Adapun, Hetero Space sendiri merupakan co-working space yang diinisiasi oleh Dinkop-UMKM Jateng untuk mewadahi kegiatan startup serta UMKM dan membentuk ekosistem ekonomi kreatif di Jawa Tengah.

Baca Juga: Pemerintah Juga Ambil Peran dalam Pendanaan Startup, Seperti Apa Bentuknya?