Intip Yuk Tips Sehat Nikmati Libur Panjang di Tengah Pandemi

Holiday - Canva

Holiday - Canva

Like

Hari libur, enaknya memang menghabiskan waktu di sejumlah destinasi wisata nih. Sayangnya, di tengah pandemi Covid-19 ini, kayaknya pergi ke tempat wisata populer dan ramai pengunjung, bukan pilihan yang tepat deh.

Staycation” di rumah memang jadi pilihan alternatif yang cukup aman ni untuk menghabiskan waktu libur. Namun, bosen enggak sih di rumah terus?

Gimana biar liburan di rumah tapi tetap asyik? Atau, ada pilihan liburan yang tetap membuat kita sehat?

Baca Juga: Long Weekend, Sejumlah Destinasi Wisata di Wilayah Ini Justru Tutup!
 

Bebaskan Diri Sejenak dari Pekerjaan!

Menurut Peneliti dari Tampere University di Finlandia, dilansir dari laman Bisnis, “staycation' di rumah tetapi bebas dari pekerjaan adalah salah satu kunci utamanya. Sehingga, kamu bisa merasakan suasana yang mirip seperti liburan sesungguhnya.

Hal serupa juga diungkapkan Sandro Galea, ahli epidemiologi sekaligus pakar kesehatan mental di Boston University. Menurutnya, kunci liburan ialah melenyapkan hal-hal yang bisa memicu stres, salah satunya “melepaskan diri” sejenak dari pekerjaan.


Kalau hal ini bisa dicapai dengan cuma tinggal di rumah, maka manfaatnya bagi kesehatan mental akan sama seperti berlibur ke suatu lokasi wisata lho. Dengan di “staycation” di rumah, kamu bisa menonton Netflix seharian atau kegiatan relaksasi lainnya.
 

Dekorasi Rumah

Cara selanjutnya, kamu bisa mendekorasi rumah untuk menghabiskan waktu liburan nih, Be-emers. Kalau kamu dekorasi rumah untuk meningkatkan mood, kamu bisa menentukan warna-warna pendukung di rumah seperti warna dinding dan perabotan.

Opsi lainnya, kamu juga bisa pengaturan yang ideal seperti memilih kursi yang membuat kamu merasa sangat nyaman. Kemudian, pastikan kamu mendapatkan semua cahaya yang kamu butuhkan di dalam ruangan ya.

Buat kamu yang kangen memanfaatkan layanan relaksasi seperti di hotel bintang lima, kamu bisa juga kok menyulap kamar mandi sebagai area spa.

Misalnya, kamu bisa pilih aroma minyak esensial seperti misalnya lavender, mawar, chamomile, dan peppermint. Lalu, kamu bisa taruh aroma terapi tersebut di kamar mandi dan berendam lah dengan air hangat.