Masih Ragu Investasikan Uang Kamu? Begini Tips ala Miliarder Mark Cuban

Mark Cuban - Image: instagram @mcuban

Mark Cuban - Image: instagram @mcuban


Terkadang, seorang pelaku usaha sudah merasa yakin kalau pemasukan yang ia punya sudah bisa diandalkan untuk mensejahterakan hidupnya. Padahal, seorang pelaku usaha juga penting lho melakukan investasi.

Buktinya, sejumlah pengusaha besar juga melakukan investasi untuk meraup cuan nih. Salah satunya yaitu pengusaha dan pemilik Dallas Mavericks, Mark Cuban.

Dilansir dari Bisnis, miliarder itu telah berinvestasi di lebih dari 80 perusahaan lho! Bahkan, dengan kekayaan bersih US$4,3 miliar, Cuban telah mencapai sebagian besar kekayaannya tanpa bergantung pada pasang surut pasar saham.

Nah, biar kamu enggak terus ragu dalam menginvestasikan uang sekaligus menjalani usaha, ada sejumlah langkah mark Cuban yang bisa kamu pelajari nih, Be-emers.

Baca Juga: Begini Tren Investasi dan Sektor Prospektif Menurut Sandiaga Uno
 

Memanfaatkan Pengetahuan

Perlu kamu ketahui, Mark Cuban memang tertarik sama teknologi, media, dan olahraga. Nah, dari tiga hal itu, ia bisa sukses berbisnis sekaligus berinvestasi.


Cuban yang terampil menjual teknologi, membawa perusahaan pertamanya, yakni MicroSolutions, memperoleh pendapatan US$30 juta per tahun selama tujuh tahun sebelum diakuisisi.

Hal itu pun menjadikan Cuban seorang jutawan pada usia 32 tahun! Kemudian, Cuban coba memadukan pengetahuan teknologi dan media yang ia miliki dengan kecintaan pada olahraga.

Alhasil, ia pun sukses mendirikan jaringan radio olahraga yang kemudian berkembang menjadi Broadcast.com. Kemudian pada tahun 2000, Cuban melakukan pembelian saham mayoritas di Dallas Mavericks seharga US$285 juta.

Nah, karena Cuban tahu olahraga, dia mengantisipasi tim itu diremehkan. Di bawah kepemilikan dan keahlian Cuban, waralaba tersebut sekarang bernilai lebih dari US$2,3 miliar.

Cuban punya keuntungan dari pengetahuan dan minatnya untuk membantu mengembangkan bisnis. Di sisi lain, ia juga bisa melihat peluang untuk memulai atau berinvestasi di perusahaan tidak pernah sebesar ini.

Adapun ketika kamu menjalani usaha, baik itu lewat bisnis sampingan, franchise, maupun berinvestasi kecil lewat crowdfunding, kamu mesti menciptakan keunggulan kompetitif dengan mengambil apa yang sudah kamu ketahui dan cintai.

Selain itu, manfaatkan minat dan pengetahuan kamu itu untuk berbisnis dan berinvestasi ya!

Baca Juga: Begini Cara Investasi ala Lo Kheng Hong saat Bursa Anjlok