Bedanya Marketing Mix 7P dan 4P Untuk Kelola Bisnis, Strategi Itu Penting!

Marketing mix 7P (Sumber: Pixabay.com)

Marketing mix 7P (Sumber: Pixabay.com)

Like

Marketing Mix 7P adalah salah satu marketing mix yang sudah berdiferensiasi dari strategi terlebih dulu yaitu 4P. Sebetulnya apa yang membedakan? Pada marketing mix 7P ini lebih diutarakan untuk produk-produk yang istilahnya kasat mata atau sifatnya penyedia jasa. Sehingga konteksnya sudah harus lebih terstruktur karena adanya penggunaan teknologi di dalamnya. 

Sebagian besar pemilik bidang usaha tentu tidak asing lagi mendengar marketing mix. Konsep ini digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif. Sehingga, produk dapat dikenal oleh khalayak umum.

Menurut Karinov Marketing mix memang berbagai variasinya, namun apapun bisa kamu kreasikan. Lihatlah mana yang diperlukan dan sesuai dengan medan dan kondisi. Di awal, strategi marketing ini membawa empat komponen, yaitu product, price, place dan promotion, sehingga disebut dengan 4P.

Namun, kini konsep tersebut mengalami perkembangan menjadi marketing mix 7P. Apa saja elemennya? Yuk simak ulasan berikut.


1. Product

Produk merupakan barang maupun jasa yang dijual atau ditawarkan pada konsumen, untuk memenuhi kebutuhan. Namun, dijaman modern ini, produk tidak hanya sebatas barang dan jasa saja. Tetapi, juga ada produk virtual, misalnya aplikasi, website, dan sebagainya.

Perlu diketahui, untuk menghadirkan produk atau jasa tersebut, perlu dilakukan riset pasar untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan masyarakat. Produksi barang yang tidak dibutuhkan oleh konsumen, menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan dalam bisnis.


Oleh karena itu, pastikan jika produk yang hadirkan bukan dari ide subjektif milikmu. Melainkan, berdasarkan data  hasil riset di lapangan, mengenai kebutuhan dan keinginan dari masyarakat.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis & Startup!


2. Price

Selain produk, yang termasuk elemen marketing mix 7P adalah price. Harga dapat diartikan sebagai sejumlah biaya atau uang, yang harus dibayarkan konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa. Perlu kamu tahu, penentuan harga yang terlalu tinggi akan menurunkan pembeli.

Namun, harga yang terlalu rendah juga tidak baik untuk keberlangsungan suatu bisnis. Oleh karena itu, kamu harus menemukan patokan yang tepat untuk menentukan harga. Salah satunya, dengan menggunakan break even price.

Perlu kamu tahu, break even price belum tentu mendatangkan keuntungan. Pasalnya, patokan tersebut hanya menjadi titik aman untuk menentukan harga agar tidak rugi. Sehingga, untuk mendapatkan keuntungan dapat menambahkan beberapa rupiah.


3. Place

Tempat merupakan lokasi yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa, sehingga dapat dikenal oleh khalayak umum. Menggunakan lokasi yang ideal untuk memasarkan bisnis, dapat memudahkan dalam menjangkau target penjualan.

Dalam hal ini, kamu dapat menghadirkan toko fisik, seperti pabrik, kantor, gudang, dan sebagainya. Selain itu, bisa juga menggunakan kanal media online, misalnya media sosial, website, marketplace, dan lainnya. Maka dari itu, place menjadi elemen marketing mix 7P.


4. Promotion

Salah satu langkah yang diambil untuk meningkatkan nama produk dan penjualan adalah promosi. Dalam hal ini, terdapat berbagai media yang dapat digunakan, misalnya media sosial, televisi, radio, website, video, podcast, dan masih banyak lainnya.

Dewasa ini, menggunakan ranah dunia maya dirasa lebih efektif. Pasalnya, dengan menggunakan cara tersebut, mampu menjangkau semua kalangan konsumen dengan mudah.

Cara memulai bisnis Online itu memang tidak mudah dan membutuhkan waktu. Untuk itu mulailah dengan membuat strategi pemasaran yang tepat. Kamu bisa nih memilih menggunakan influencer marketing atau affiliate marketing ataupun juga mencoba cara kreatif lainnya. 


5. Physical Evidence

Adanya bukti fisik akan menunjukkan secara langsung pada konsumen mengenai keberadaan dari bidang usaha. Sebenarnya, bukti fisik tidak hanya terbatas pada produk saja. Logo, souvenir, seragam karyawan, akses customer service, juga termasuk bukti fisik.

Baca Juga: Ini Bisnis Online yang Menjanjikan Hingga Masa Depan


6. People

Saat ini yang dimaksud elemen marketing 7P ini adalah sumber daya manusia atau tenaga kerja. Seperti yang diketahui, dalam menjalankan usaha bisnis diperlukan SDM, mulai dari direktur hingga staf. Mengingat betapa pentingnya asset ini, maka jangan sampai salah memilih SDM.
 

7. Process

Unsur marketing mix 7P ini mencakup semua rangkaian kegiatan pemasaran, dari perusahaan hingga konsumen. Dapat diartikan pula, sebagai tahapan konsumen mengenal produkmu. Maka dari itu, konsistensi menjadi hal penting, agar produk atau layanan tetap digunakan.

Tak sedikit pelaku usaha yang mengalami kegagalan dalam memasarkan produk. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sebaiknya kamu menerapkan konsep marketing mix. Kegagalan marketing bukanlah akhir, justru kamu gagal jika bangkit berusaha.

Gimana? Yuk, teman-teman milenial mulai bergerak dan bangun usahamu sekarang! Tidak ada yang tidak mungkin selama kamu berusaha dan menekuni dengan baik bidang yang kamu sukai, Keep Fighting! 

Baca Juga:  Apa Perbedaan Facebook Ads & Instagram Ads?