Belajar Teknik Fotografi Untuk Mengemat Cost!

Belajar Teknik Fotografi Untuk Mengemat Cost! ( Sumber: Pixabay)

Belajar Teknik Fotografi Untuk Mengemat Cost! ( Sumber: Pixabay)

Like

Belajar ilmu fotografi membutuhkan teknik yang lihai dalam menangkap gambar dan membutuhkan fokus gambar yang baik, agar gambar yang dihasilkan menjadi lebih fokus dan akurat. Bagi para pemilik hobi fotografi, belajar teknik fotografi merupakan hal yang penting dilakukan. Sayangnya, untuk mempelajari teknik potret sering kali dibutuhkan biaya yang besar. Sebenarnya, kamu bisa mempelajarinya secara otodidak untuk menghemat cost.

Lantas, apakah belajar secara otodidak bisa efisien? Hal tersebut tentu bisa dilakukan. Namun, sebelumnya penting untuk kamu ketahui beberapa cara belajar kiat kiat fotografi yang akan dijelaskan dalam ulasan berikut ini.


Menentukan Role Model Terbaik

Cara pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengasah kemampuan fotografi, ialah menentukan role model. Maksudnya, kamu perlu menentukan siapa yang akan menjadi panutan dalam mempelajari teknik bidang fotografi. Jadikan panutan tersebut sebagai teladan.

Menurut sebuah  penelitian, salah satu cara sukses mempelajari suatu bidang secara otodidak ialah mencontoh seorang ahli dalam suatu bidang tertentu. Agar kemampuan makin terasah, belajar dan bekerjalah dengan orang orang yang sudah ahli di bidang fotografi.


Memilih Kamera Terbaik

Sebenarnya, apapun jenis kamera yang kamu miliki dapat menjadi sebuah sarana yang dapat menyalurkan hobimu. Ibarat berperang, belajar teknik fotografi membutuhkan senjata amunisi berupa kamera.  

Sebagai pemula, kamu tentu akan merasa kebingungan ketika memilih kamera yang dilengkapi berbagai jenis tombol menu dan fitur yang ada. Apalagi, jika kamera tersebut merupakan keluaran terbaru di pasarannya.


Sebagai informasi, kamera umumnya memiliki 3 fitur dasar standar yang dimiliki oleh semua jenis. Fitur tersebut mulai dari Shutter Speed, Aperture, hingga tingkatan ISO. Tugasmu ialah memahami ketiga fitur dasar tersebut, sebelum melanjutkan praktek pemotretan.

Baca juga: Tips Menabung Saat Pandemi? Harus Bijak Kelola Keuangan!


Fokus Ke Objek Dalam Foto

Setiap kali melihat suatu objek, usahakan untuk bergerak lebih dekat. Kamu juga bisa menggunakan bantuan zoom, namun hal tersebut tidak terlalu disarankan. Tujuannya ialah agar frame terlihat dan terisi penuh oleh objek yang ingin kamu fokuskan.

Sebagai saran, jangan meninggalkan banyak ruang kosong ketika memotret suatu objek. Pasalnya, hal tersebut tidak akan menarik pandangan mata sehingga objek tidak terlihat detail. Perhatikan pula latar belakang objek yang kamu potret agar hasilnya semakin keren. 


Potret Gambar Dengan Cepat Untuk Menangkap Suatu Momen

Pelajaran otodidak terpenting dalam belajar teknik fotografi, ialah menghindari sifat ragu ketika memotret suatu objek. Kamu juga tak diperkenankan menyeting kamera dengan waktu yang lama. Sebab, bisa jadi kamu dapat kehilangan momen bagus untuk dijadikan sebagai objek bidikan.

Oleh sebab itu, usahakan untuk melakukan pengambilan gambar sebanyak mungkin dan secepat mungkin agar hasil jepretan semakin maksimal. Nantinya, beberapa potret yang dinilai kurang bagus bisa kamu hapus dan pilih kembali yang paling berkualitas.


Mempelajari Komposisi Foto Yang Menarik

Soft skill ini wajib kamu miliki, karena bisa menambah kredibilitas kamu sebagai pekerja. Hal yang tak kalah penting dari mempelajari fotografi secara otodidak, ialah memahami aspek komposisi foto. Perlu diketahui, aspek tersebut memegang peranan penting dalam bidang fotografi. 

Jika bisa dikatakan, komposisi menjadi penentu pada hasil pemotretan. Apabila kamu memiliki jepretan dengan komposisi dan elemen yang seimbang, maka hasil dari foto tersebut tentu akan sangat sempurna.

Satu hal yang perlu diingat, ialah upayakan hasil jepretan atau foto mengarahkan mata pada objek yang difokuskan. Jadi, kamu bisa menghasilkan potret sempurna yang bisa membuat setiap mata terpesona hanya dengan belajar teknik fotografi otodidak.

Mempelajari ilmu fotografi memang membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Namun, dengan ketekunan dan niat penuh kamu bisa mempelajarinya secara otodidak. Selain lebih efisien, kamu juga bisa lebih menghemat cost. 

Baca juga: Jangan Tunda Ini Saatnya, Bisnis Wajib Go Online!