Tips Blogging untuk Pemula : Hindari 5 Kesalahan Ini!

Tips blogging untuk pemula (Sumber: Pixabay.com)

Tips blogging untuk pemula (Sumber: Pixabay.com)

Like

Pada zaman sekarang ini, banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai ladang memperoleh penghasilan. Sebab masyarakat di era digital pada kehidupan sehari hari tidak pernah lepas dari penggunaan internet, sehingga membuat banyak orang melakukan blogging.

Dilansir dari Niagahoster mengatkan bahwa ada macam macam manfaat dari blogging diantaranya berbagi pengetahuan, mengasah kemampuan , menjual produk , dan membangun jaringan. Bagi para blogger sangat disarankan untuk menggunakan CMS Wordpress.

Blogging sendiri merupakan aktivitas mengelola situs web atau blog, agar bisa mendapat traffic pengunjung yang terus meningkat. Bagi kamu yang tertarik untuk terjun di bidang blogging, berikut tips blogging untuk pemula agar menghindari beberapa kesalahan ini.


1. Ingin Hasil yang Instan

Dalam melakukan blogging, banyak orang yang berharap hasil instan. Mereka berpikir bahwa setelah masuk ke dunia blogging maka akan langsung berdampak pada perkembangan bisnis. Padahal konsepnya tidak sama dengan iklan pay per click, di sini proses lebih ditekankan.

Dimana proses tersebut tidak instan, sehingga diperlukan sebuah komitmen untuk terjun ke bidang ini. Lebih dari sekedar menulis saja, kamu perlu membuat artikel yang menarik, dan berisikan kata kunci persuasif serta relevan agar mampu menarik pengunjung blog. 


2. Tulisan yang Tidak Menarik

Cara membuat artikel yang menarik memang harus dipelajari dengan baik dan terus ditingkatkan. Karena tujuan dari blogger sama saja dengan penulis lainnya, yaitu mempertahankan serta memperoleh para pembaca setia. Sama halnya dalam bisnis untuk mendapatkan organic traffic sehingga bisa meningkatkan proses branding.


Jadi bila konten yang kamu tulis tidak menarik dan tidak memberikan informasi apapun, lantas kenapa pembaca harus berkunjung ke blog yang kamu buat ? Oleh sebab itu, sangat penting untuk membuat pengunjung blog untuk merasa tertarik dalam membaca tulisan yang kamu buat.

Tips blogging untuk pemula ini tidak hanya fokus pada judul yang memancing rasa penasaran saja, namun juga pada struktur kalimat yang rapi. Serta penggunaan tanda baca serta EYD yang benar agar pembaca bisa lebih mudah memahami isi dari artikel.

Baca juga: 5 Kelebihan Kekurangan Wordpress yang Wajib Diketahui


3. Tidak Mengenal Target Audiens

Beberapa blogger pemula terkadang tidak mengetahui target audiens yang mereka tuju, dan hanya terus menulis beragam topik dan informasi. Ini menjadi salah satu kesalahan yang cukup fatal apabila dilakukan, karena mereka tidak peduli apakah pembaca tertarik dengan topik tersebut atau tidak.

Sebaiknya sebelum kamu memulai blogging, tetapkan terlebih dahulu target pembaca yang kamu tuju. Dari sini nantinya tulisan kamu akan lebih terarah, dan pembaca pun akan menyukai topik tersebut karena sesuai dengan yang mereka butuhkan.


4. Tidak SEO Friendly

Teknik SEO merupakan salah satu tips blogging untuk pemula yang harus kamu pahami. SEO merupakan singkatan dari search engine optimization, dimana teknik tersebut akan membuat blog atau website kamu bisa berada di peringkat ada di mesin pencari.

Teknik ini bisa kamu terapkan dengan memperhatikan kata kunci, judul yang menarik, dan lain sebagainya. Dengan begitu mesin pencari Google akan menilai blog kamu lebih berkualitas. Sehingga para pembaca pun bisa lebih mudah untuk menemukan blog tersebut.


5. Tidak Memiliki Niche yang Kuat

Melakukan riset sangat penting untuk menentukan strategi marketing Anda ke depannya. Jika, memiliki blog yang menghadirkan segala jawaban untuk semua orang sebenarnya memang tidak salah, namun hal ini bisa membuat blog kamu menjadi tidak memiliki arah yang jelas.Apalagi bila tampilannya tidak dibagi di dalam sub kategori, pembaca akan malas untuk mencari artikel yang mereka butuhkan.

Meski begitu bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan banyak niche. Sebaiknya gunakan dan batasi topik pembahasan yang ada di dalam blog, kamu bisa menggunakan beberapa niche yang dibagi di dalam kategori. Ini menjadi tips blogging untuk pemula yang wajib diterapkan.

Semua orang sejatinya bisa menulis dan menciptakan tulisan yang bagus. Daripada berbicara kepada pembaca, usahakan tulisan di dalam blog lebih terlihat berbicara dengan pembaca. Hal ini akan membuat kalimat di dalam tulisan kamu menjadi lebih hidup.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis & Startup!