5 Ide Konten Youtube Untuk Pemula

Ide Konten Youtube Untuk Pemula (Sumber: Pixabay.com)

Ide Konten Youtube Untuk Pemula (Sumber: Pixabay.com)


Dewasa ini, Youtube sedang hype di berbagai kalangan, mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Tak heran bila banyak orang yang mulai beralih profesi menjadi youtuber. Mereka beranggapan bahwa menjadi youtuber, mampu menghasilkan pundi pundi uang dalam jumlah yang banyak. 

Cara mendapatkan subscriber yang benar adalah dengan ikut melakukan promosi melalui ads tertarget ataupun melalui komunitas setempat yang membernya sejenis dengan target audiens dari konten yang kamu miliki. 

Menurut Liputan6.com dikatakan bahwa konten yang menarik banyak audiens bukan karena topiknya saja yang menarik namun kontennya dapat membuktikan suatu fakta atau membawa emosi. Contohnya seperti memberika tips, cara, hingga tutorial yang sering dicari banyak orang. 

Namun untuk memulai menjadi youtuber, bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu melakukan persiapan dengan matang, agar video yang kamu unggah mendapatkan respon yang baik. Ingin tahu apa saja ide konten Youtube untuk pemula? Simak ulasannya berikut.

1. Vlog


Bila kamu bingung memulai video apa yang hendak dibuat, ide satu ini sangat cocok untuk kamu terapkan. Vlog sendiri merupakan video yang menceritakan tentang kegiatan sehari hari seseorang mulai dari pagi hingga petang, atau tentang kegiatan tertentu saja.

Mungkin terdengar sangat mudah, namun hal ini bisa saja menyusahkan. Dimana kamu harus membuat isi dari vlog tersebut menyenangkan. Karena biasanya vlog sangat rentan basi dan membosankan bila kamu menampilkan hal yang itu itu saja. Untuk itu, kamu perlu kreatif dan mencari hal yang spesial.

2. Video Challenge

Perlu kamu ketahui, bahwa video challenge atau tantangan ini sempat trend beberapa waktu silam. Salah satu video challenge yang sempat viral, yaitu tantangan makan samyang. Meski begitu, ide konten Youtube untuk pemula ini masih banyak peminatnya apalagi mengenai sesuatu yang sedang diperbincangkan.

Pastikan bahwa kamu telah mengetahui tantangan manakah yang sedang hype saat ini, atau tantangan yang belum pernah dibuat oleh sebagian besar orang. Dikala membuat video challenge, kamu bisa mengajak teman atau anggota keluarga agar terlihat menarik dan tentunya seru.

Baca juga: Ini Situs Untuk Freelance Desain Grafis

3. Review Video

Konten Youtube selanjutnya yang bisa kamu lakukan sebagai pemula yaitu review video. Disini kamu bisa mengulas mengenai segala sesuatu yang kamu sukai, misalnya saja film, makanan, minuman, tempat wisata, tempat makan, pakaian, buku, atau yang lainnya.

Ketika membuat video review ini, kamu bisa menggambarkan barang yang diulas menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Bila perlu, kamu pun bisa membubuhinya dengan beragam banyolan khas dirimu agar videonya semakin menarik untuk ditonton.

4. Reaction Video

Selain video review, kamu pun bisa memulai membuat reaction video sebagai ide konten Youtube untuk pemula selanjutnya. Biasanya video reaction ini dibuat untuk melihat bagaimana reaksimu terhadap sesuatu. Misalnya saja music video boygrup dan girlgrup, dan video dari youtuber lainnya.

Saat kamu membuat video reaction ini, jangan lupa untuk membuat reaksi senatural mungkin. Jika perlu berikan sedikit reaksi yang berlebihan, agar penontonmu menjadi lebih tertarik untuk menunggumu mengunggah video reaction yang lainnya.

5. Video Opini

Bila kamu memiliki jiwa yang kritis dan ingin menyuarakan pendapatmu terhadap sesuatu, maka video opini bisa kamu gunakan untuk memulai menjadi seorang youtuber. Dimana kamu hanya perlu memberikan tanggapan terhadap sesuatu yang sedang trend saat ini.

Sebelum membuat video ini, pastikan bahwa kamu telah mempelajari dan paham betul terhadap kejadian yang sedang diperbicarakan oleh banyak orang. Jangan lupa juga untuk memasukkan beragam sumber yang relevan, agar argumen yang kamu buat semakin kuat.

Apabila kamu ingin video opini tampak lebih menarik lagi, maka kamu bisa mengundang teman yang sekiranya memiliki pemikiran kritis juga. Bubuhi pula dengan beragam banyolan atau lawakan, agar ide konten Youtube untuk pemula ini tidak terlihat terlalu tegang dan serius.

Untuk memulai segala sesuatu memang terkadang menyulitkan. Tapi bukan berarti hal ini akan menyurutkan semangatmu untuk berkembang, apalagi di bidang Youtube seperti ini. Tak hanya itu saja, pastikan pula video yang kamu buat merupakan video kreatif yang mampu tingkatkan trafik subscriber-mu.

Baca juga: Tips Blogging untuk Pemula : Hindari 5 Kesalahan Ini!