Hobi Online? Ada 10 Kegiatan Online Yang Bikin Kamu Tetap Produktif Berkreativitas Meski Dirumah Saja

Konsep pendidikan terbuka dan pendidikan jarak jauh (sumber: sukabelajardongah.blogspot.com)

Konsep pendidikan terbuka dan pendidikan jarak jauh (sumber: sukabelajardongah.blogspot.com)

Like

Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, pada tanggal 14 Agustus 2019, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai angka 150 juta jiwa, sedangkan pengguna internet mobile mencapi angka 142,8 juta jiwa. Semenjak timbulnya wabah COVID-19, yang menyebabkan segala aktivitas diluar rumah sangat terbatas, sebagai dampaknya penguna internetpun semakin meningkat jumlahnya.

Besarnya jumlah pengguna internet tersebut, belum tentu di iringi dengan kualitas penggunaanya. Masih ada yang menggunakan kuota internetnya dengan tidak  bijak.

Bisa saja hanya digunakan untuk komen yang tidak penting di akun media sosial artis hingga menimbulkan gosip, saling menghujat dsb. Zaman sekarang, seseorang bisa masuk hotel prodeo (bui) gara-gara tidak bijak menggunakan media sosial, bukanlah hal yang aneh lagi.

Biar kuota internet kamu tidak mubazir (terbuang percuma), biar tetap produktif berkreativitas selama di rumah saja karena pandemik COVID-19, berikut ada rekomendasi sepuluh kegiatan online yang bisa kamu lakukan.
 

1. Jadi Freelancer Online

Dunia internet adalah dunia tanpa sekat, dunia yang menyediakan ruang kreativitas tanpa batas pada pengggunanya. Ruang yang memungkinkan seseorang berkreativitas meski dirumah saja.

Tahun 2020 dunia dikejutkan dengan wabah COVID-19, wabah yang sangat mematikan dan cepat sekali menularnya dari satu orang ke orang lainnya. Hal tersebut membuat segala aktivitas diluar rumah dikurangi, bahkan ada negara yang dengan tegas melarang warganya beraktivitas diluar rumah karena penyebaranya COVID-19 sangat cepat.


Dilemanya, dengan tidak beraktivitas diluar rumah dalam waktu yang lama membuat kita jenuh, tidak bisa melakukan kegiatan ekonomi bahkan bisa jadi stres. Menjadi Freelancer (pekerja lepas) online bisa menjadi alternatif disaat kegiatan diluar rumah dibatasi.

Sekarang banyak website yang menyediakan jasa freelancer online baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri. Project id, Fiveer.com, Upwork.com, freelancer.com, guru.com, Toptal.com, dan sebagainya adalah sebagian kecil dari penyedia jasa bagi para freelancer online.

Anda dapat memilih pekerjaan sesuai kualifikasi dan kemammpuan. Dari penulis (content creator), desain, penerjemah, akutansi, keahlian media sosial, sampai entry data tersedia. Meskipun sedang di karantina sekalipun kamu tetap bisa berkreativitas dengan menjadi freelancer online.
 

2. Membaca di Perpustakaan Online

Di zaman serba berbau teknologi sekarang, memungkinkan orang-orang yang terhubung di internet dapat mengakses informasi dimana dan kapan saja temasuk membaca berbagai macam judul buku di perpustakaan digital (online). IPUSNAS, Perpus BI, ijakarta dsb bisa dijadikan refrensi jika ingin membaca buku dikala sedang karantina di masa pandemik COVID-19.

Para netizen yang budiman tinggal meng-install aplikasi tersebut di Playstore, Appstore, lalu tinggal buat akun setelah itu barulah bisa meminjam buku untuk dibaca. Mulai dari buku filsafat, pelajaran, tentang saham sampai cerita dongeng seribu satu malam, tersedia. Membacanya boleh di WC, di kasur, ataupun bawah Pohon Belimbing!!
 

3. Buka Akun Investasi Saham Full Online

Jika  ingin menginvestasikan uang, agar menjadi jaminan hidup dimasa depan? Investasi saham bisa menjadi pilihan yang bijak. Untuk investasi saham pertama yang perlu dilakukan adalah membuka akun investasi saham (rekening saham). Artinya, harus pergi ke perusahaan sekuritas (efek).

Jika demikian harus keluar rumah, harus berinteraksi dengan banyak orang, hal ini akan sangat rentan sekali terpapar COVID-19. Tapi di zaman teknologi sekarang, banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan jasa layanan pembukaan akun investasi saham secara full online.

Anda hanya harus menyiapkan data KTP, NPWP, KK, dan lain-lain, untuk mengisi di form pendaftaran akun investasi saham yang ada di website perusahaan sekuritas. Nanti akan ada konfrimasi dari pihak sekuritas bagaimana proses pembukaan akun investasi kita. Berikut beberapa contoh sekuritas yang memberikan pelayanan pembukaan akun investasi saham secara full online BNI Sekuritas, BCA Sekuritas, Indoprimer,Mandiri Sekuritas, dan sebagainya.
 

4. Trading Saham

Di saat COVID-19 melanda dunia, pasar tempat jual beli barang yang merupakan salah satu tempat kegiatan ekonomi berlangsung, tidak bisa lagi dikunjungi sesuka hati. Di pasar saham, anda tetap bisa melakukan kegiatan ekonomi dengan berjual beli saham (trading saham).

Bagaimana memulainya? Tidak tahu saham itu apa?, Bingung cara trading saham?

Ayolah jangan malas!! Silakan buka perpustakaan digital, di sana banyak tersedia buku tentang saham. Meskipun sedang dikarantina, jangan biarkan kreativitas kita tumpul.
 

5. Belajar Online

Jika Taman Kanak-kanak sampai perguruan tinggi ditutup gara-gara pandemik COVID-19, para netizen yang budiman tetap bisa belajar. Banyak aplikasi maupun website yang menyediakan ruang untuk belajar.

Misalnya mau belajar bahasa inggirs, silakan kunjungi website atau install aplikasi Doulingo. Mau pelajaran yang lebih bervariasi, silakan kunjungi website MasterClass.

Kelas makeup, menjahit, penulis skenario, penata ruang, memasak, dan sebagainya, tersedia di sana. Mau kursus online bersitifikat, serta diadakan oleh universitas kelas dunia? Harvard, Standford, dan Pennysilvania menyediakan fasilitas tersebut.

Atau dari Youtube juga bisa! Karantina karena COVID-19 tidak bisa menghalangi kita untuk tetap belajar.
 

6. Nulis online

Daripada bergosip di kolom komentar artis, menghuja, dan sebagainya, lebih baik menulis saja deh. Menulis apa? tulis apa yang kamu bisa.

Menulis resep masakan yang sering dihidangkan di rumah kita misalnya, menulis cerita waktu kita SMA, menulis review film. Atau kalau kamu suka nonton Drakor (drama Korea), nah tulis saja riview-nya, menulis puisi, dan sebagainya.

Sekarang banyak sekali platform online untuk penulis. Jika tulisanmu berhasil diterbitkan, maka ada fee-nya. Di WhattPad misalnya, sudah banyak novel yang diterbitkan serta dibuat filmnya. Kompasiana, IDNTime, Indonesiana, adalah sebagian kecil tempat menulis online, termasuk Bisnismuda.id yang bisa juga dijadikan tempat menulis.
 

7. Buat Blog

Kemudahan membuatnya, biaya yang terjangkau, serta jangkauannya yang sangat luas, blog sekarang menjadi tempat berkreativitas, baik hanya untuk kepuasaan batin sampai motif ekonomi. Ada banyak platform pembuat website yang bisa kamu pilih, seperti WodPress, Wix.com, Weebly, Drupal, Dotclear, dan sebagainya.

Di blog, kamu bisa berbagi pengetahuan, mengasah kemampuan menulis, belajar menghasilkan uang secara online, menjual produk, dan sebagainya. COVID-19 boleh membuat kita dikarantina, tapi kreativitas tidak bisa dikarantina!!
 

8. Buat Curriculum Vitae (CV)  dan Portfolio Online

Pecayalah, pandemik COVID 19 akan berakhir. Selama di rumah saja, siapkan amunisi untuk melamar pekerjaan yang selama ini kamu impikan.

CV dan Portfolio adalah hal yang terpenting dalam melamar pekerjaan. CV dan Portfolio tidak bisa dibuat sembarang. Jika tidak punya keahlian, untuk membuatnya serahkan kepada yang ahli.

Sekarang banyak jasa pembuatan CV dan Portfolio online, dari yang gratis sampai yang berbayar. Canva.com, civicimi.com, fastwork id, Clippings.me, Deviantart adalah beberapa platform yang bisa kamu pilih untuk membuat CV dan Portfolio kamu kece badai!!\
 

9. Nonton Online (Streaming)

Kenapa saya memasukan kegiatan nonton online (streaming) kedalam kegiatan produktif? Semua tergantung motifnya.

Jika kamu merasa senang sesudah menonton suatu film atau drama, hal ini juga termasuk produktif, produktif untuk menjaga kesehatan mental. Bisa juga kamu menonton film yang berbahasa inggris untuk belajar bahasa, untuk menambah kosakata, membiasakan telinga mendengar bahasa asing, dan sebagainya.

Netflix dan Youtube adalah dua dari sekian banyak tempat nonton streaming yang bisa kamu pilih. My Other Mother, Forrest Gump, Finding Nemo, Harry Potter, Alice in Wonderland adalah beberapa rekomendasi film yang bagus untuk belajar bahasa inggris.

Atau menonton film yang bertema tentang dunia usaha bisa juga. Terakhir, seperti kata saya sebelumnya, silakan tulis review film yang sudah kamu tonton. Masukan hasil tulisannya ke dalam blog pribadi atau media sosial lainnya.
 

10. Youtubers

Membuat akun Youtube sangat simple. Se-simple seperti membuat akun media sosial Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Lain lagi kalau sudah bicara kontennya, kontennya tentu harus berkualitas dan memberikan manfaat, baik bagi para penonton (viewers) maupun bagi sang Youtubers itu sendiri.

Tapi tidak ada yang tidak mungkin jika kamu berusaha. Banyak Youtubers terkenal yang awalnya hanya sekedar menyalurkan hobi. Jika kamu hobi dan punya bakat masak, buatlah isi Youtube-mu dengan masak-memasak.

Jika suka bermain game, buat konten tentang game. Jika suka dunia berita, silakan isi youtube dengan dunia berita, dan sebagainya. Meski di rumah, kamu masih bisa produktif berkreativitas kok!

#youngcompetitionbisnismudaid #bisnismuda #bangkitdaripandemi