Kerek Performa IHSG, Ini Faktor yang Bikin Investor Asing Masuk Pasar Modal

Sentimen Performa IHSG Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Sentimen Performa IHSG Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Sepanjang Oktober 2021 ini, performa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memang menunjukkan performa yang cukup baik nih. Bahkan, hal itu sejalan dengan aliran dana investor asing yang masuk ke pasar modal.

Bulan Oktober itu identik dengan October Effect. Namun, kayaknya hal itu enggak berlaku di tahun 2021 ini deh.

Soalnya, sejak perdagangan 4 Oktober 2021, IHGS menunjukkan kinerja cemerlangnya lho. Tercatat, pada perdagangan 4-8 Oktober 2021, IHSG menguat hingga 4,06 persen.

Performa bullish itu terus berlanjut pada perdagangan 11-15 Oktober 2021, yang mana IHSG menguat 2,34 persen. Sementara berdasarkan data RTI Business, meski di perdagangan 18-22 Oktober IHSG cukup fluktiatif, performanya masih berada di zona hijau dengan menguat 0,16 persen.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Indeks Saham Beserta Fungsi dan Manfaatnya
 

Meningkatnya Net Buy

Nah seiring dengan hal itu, dilansir dari laman Bisnis, analis mengungkapkan bahwa aliran dana asing masih berpotensi untuk masuk pasar modal Indonesia nih. Buktinya, hingga perdagangan Jumat (15/10), aksi net buy (aksi beli asing) sepanjang tahun 2021 tercatat mencapai Rp33,15 triliun.


Padahal, di bulan September 2021, BEI melaporkan total aksi net buy yakni hanya sebesar Rp4,40 triliun. Makanya, peningkatan net buy tersebut dinilai bisa berpotensi menguatkan performa IHSG nih.

Sementara itu, dikutip Bisnis, ada sejumlah faktor yang bikin aliran dana asing bakal terus masuk ke pasar modal Indonesia menurut Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani:
  • Pemulihan Ekonomi Indonesia
    Hendriko menilai, hal iitu terlihat dari Bank Indonesia yang masih akomodatif dengan menahan suku bunga. Selain itu, mata uang rupiah pun masih cukup stabil.
  • Harga Komoditas yang Tinggi
    Beberapa waktu lalu, harga komoditas seperti batu bara hingga kelapa sawit sempat pecah rekor. Bahkan, hal itu juga jadi sentimen positif bagi emiten batu bara dan kelapa sawit.

Meski aliran dana asing bakal jadi katalis penggerak kinerja bursa dalam negeri, sejumlah sentimen global juga patut diwaspadai lho, Be-emers. Soalnya, hal tersebut bisa mempengaruhi minat investor asing.

Adapun, sejumlah sentimen global yang kini tengah diwaspadai pelaku pasar yakni rencana tappering off hingga krisis energi yang tengah melanda sejumlah negara.

Gimana, akankah IHSG mampu bertahan bullish hingga akhir Oktober atau bahkan akhir tahun 2021?