Memulai Bisnis Fashion

Kita Bisa Bangkit dari Pandemi (Sumber gambar : instagram.com/c2outfitters)

Kita Bisa Bangkit dari Pandemi (Sumber gambar : instagram.com/c2outfitters)

Like

Hampir seluruh negara di dunia tengah berjuang melawan pandemi covid 19. Sudah beberapa bulan berlalu namun kekhawatiran mengenai pandemi ini masih dirasa mensayatkan.

Di tengah kondisi pandemi seperti ini, kita dipaksa menjalani hidup dengan pola 'new normal', dimana kita harus melsayakan pola hidup sehat dan mandiri untuk menjaga meminimalisir penularan virus Corona.

Berdiam diri #dirumahaaja bukan lagi slogan yang relevan di masa sekarang ini. Kita dituntut bisa berfikir cepat dan kritis untuk menghadapi pandemi yang saat ini berlangsung tanpa tahu kapan berakhirnya.

Salah satu bisnis yang bisa dijalankan di masa ini yaitu di bidang fashion. Karena, fashion merupakan kebutuhan yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang.

Dikutip dari salah satu tuklisan di bisnismuda.id, Kevin O’Leary mengatakan bahwa ada banyak peluang untuk memulai bisnis saat ini. Menurutnya, bisnis online akan menjadi langkah bagus untuk memulai.


Hal tersebut membuatku ingin mencoba memulai bisnis online di bidang fashion. Kenapa fashion? karena saat ini sendiri saya bekerja di bidang tersebut.

Jadi, sedikit banyak saya mengetahui informasi mengenai produk di bidang fashion. Saya ingin membuat produk yang bisa dipakai oleh semua kalangan baik dari segi fungsi maupun warna. 

Berbagai startegi penjualan juga akan kami lakukan dalam project ini, terutama di bidang digital. Baik itu melalui sosial media maupun marketplace. Sosial media yang dimaksud salah satunya yaitu Instagram.

Berdasarkan data salah satu media digital besar di Indonesia, pengguna instagram di Indonesia mencapai 61.610.000 (November, 2019). Belum lagi platform lainnya seperti Facebook, Twitter, WhatsApp yang bisa jadi media untuk promosi dan berjualan.

Saya juga akan memanfaatkan sosial media sebagai tempat untukku berjualan. Selain itu saya juga sudah memiliki beberapa account marketplace untuk memasarkan produk yang akan saya buat. Sebagai permulaan saya akan menggunakan sistem PO (pre-order) untuk menjual produk yang telah saya buat.

Semoga produk yang akan saya produksi nantinya dapat diterima dengan baik oleh banyak orang. Karantina benar benar membuatku produktif sehingga menghasilkan sebuah kreativitas. 

Di Indonesia, berbagai merk dan brand lokal di bidang fashion sudah banyak jenisnya. Namun, hal tersebut bukan merupakan halangan dalam menjalankan project bisnis.

Kita bisa melihat hal tersebut sebagai peluang karena berarti target market di bidang fashion di Indonesia banyak jumlahnya. Fashion yang dimaksud dalam project ini yaitu Tote Bag, Pouch, Outer, dan Gamis.

Beberapa produk yang akan di produksi disesuaikan dengan target market fashion di kalangan remaja dan ibu ibu muda. Berbagai produk fashion yang dihasilkan juga menyesuaikan warna yang up to date serta cocok untuk saat ini. Adapun maksud dan tujuan kami melaksanakan project ini ini, yaitu:
  1. Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
  2. Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat.
  3. Memberdayakan karyawan yang dirumahkan.
  4. Memudahkan customer untuk membawa perlengkapan di masa pandemi.
  5. Mendapatkan keuntungan atau laba.


#youngcompetitionbisnismuda #bisnismuda #bangkirdaripandemi