Bitcoin Lampaui Capaian Nilai Transaksi PayPal Tahun Ini!

Bitcoin vs PayPal Illustration Web Bisnis Muda - Image: CryptoSlate

Bitcoin vs PayPal Illustration Web Bisnis Muda - Image: CryptoSlate


Rangkaian kabar dari salah satu jenis cryptocurrency yaitu Bitcoin (BTC) memang cukup menyita perhatian disetiap pembaruannya.

Terkhusus, seusai belum lama ini terhempas kabar soal negara El Salvador yang ingin mengusung “Kota Bitcoin” hingga identitas pencipta Bitcoin yaitu Satoshi Nakamoto yang sedikit demi sedikit mulai menemui titik terang.

Meski demikian, walaupun harga penjualan Bitcoin selalu fluktuatif, akan tetapi banyak dari penggiat cryptocurrency tetap memilih Bitcoin sebagai salah satu opsi untuk berinvestasi bahkan pada perdagangan, Senin, (29/11/2021) nilai perdagangan Bitcoin terkoreksi naik 4,47 persen menjadi US$57.218 per keping.

Tak berhenti sampai disitu, bahkan berkat meningkatnya antusiasme tersebut, Bitcoin mampu melampaui capaian nilai transaksi PayPal, lho, Be-emers!

Baca Juga: El Salvador Akan Bangun ‘Kota Bitcoin’ di Kaki Gunung Berapi
 

Bitcoin Lampaui Capaian Nilai Transaksi PayPal

Melansir dari Nasdaq, pihak Nasdaq mendapatkan laporan pada Selasa, (23/11/2021) dari platform intelijen pasar Blockdata yang menyebut bahwa jaringan Bitcoin telah memproses lebih banyak volume berdasarkan nilai dolar jika dibandingkan dengan PayPal.


Dalam laporan yang berjudul “When might the Bitcoin network process volumes like Mastercard & Visa?” tersebut menyebut Bitcoin menunjukkan lebih banyak tanda adopsi dan pertumbuhan hingga 62 persen daripada PayPal.

Data menunjukkan bahwa Bitcoin telah memproses transaksi dengan perkiraan rata-rata sebesar US$489 miliar per kuartal pada tahun 2021.

Angka tersebut jelas melampaui capaian transaksi yang dimiliki PayPal yang hanya memiliki capaian senilai US$302 miliar per kuartal pada tahun yang sama.

Blockdata menyebut bahwa kualifikasi yang dapat membuat Bitcoin dapat melampaui capaian PayPal tersebut dipengaruhi oleh tiga faktor utama, seperti jumlah transaksi, jumlah rata-rata Bitcoin yang dikirim per transaksi dan kenaikan harga Bitcoin.

Meski demikian, capaian yang ditorehkan oleh Bitcoin masih terlampau cukup jauh jika dibandingkan dengan platform pembayaran serupa baik itu Visa ataupun MasterCard.

Visa kini tercatat memiliki capaian transaksi hingga US$3,2 triliun per kuartal yang disusul oleh MasterCard yang memiliki capaian transaksi hingga US$1,8 triliun per kuartal.

Namun dengan begitu bukan berarti Bitcoin dapat bersaing atau bahkan menyusul, terlebih berdasarkan laporan State of Lightning yang dirilis oleh Arcane Research mempekirakan bahwa Lightning Network akan tumbuh menjadi 800 juta pengguna yang dibarengi dengan adposi solusi penskalaan pada tahun 2030.

Gimana tanggapanmu, Be-emers?

Baca Juga: Identitas Misterius Pencipta Bitcoin Bisa Segera Terungkap!